Senin, 01 Apr 2019 04:58 WIB

Blindfolded Yoga Bukan Hanya Tentang Kebugaran Fisik Tapi Juga Jiwa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sesuai namanya, blindfolded yoga dilakukan dengan penutup mata (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Sesuai namanya, blindfolded yoga dilakukan dengan penutup mata (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Ubud - Apa sih rasanya melakukan yoga tapi mata tertutup? Tidak bisa melihat apapun selama beberapa detik rasanya sudah menyesakkan apalagi jika berjam-jam.

Blindfolded yoga sebenarnya mengajarkan tentang arti mencapai keseimbangan dalam hidup, jadi tidak hanya mendapat manfaat dari kesehatan fisik namun juga kesehatan mental.

"Apasih sebenarnya arti hidup tanpa 'lensa'? Yang saya temukan adalah sense kita lebih terbuka ketika kita mulai mendengarkan dan merasakan sesuatu," tutur salah satu instruktur Blindfolded Yoga, Pete Longworth, saat dijumpai di Bali Spirit Festival, Ubud, Bali, Sabtu (30/3/2019).

Ketika indera penglihatan ditutup, indera lain akan 'terbuka' secara alami. Memaksa tubuh untuk 'melihat' hal-hal lain yang sebelumnya tidak bisa didapatkan ketika menggunakan mata.


Blinfolded Yoga Bukan Hanya Tentang Kebugaran Fisik Tapi Juga JiwaFoto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth


Tubuh akan menjadi lebih kuat karena berusaha untuk menggunakan kekuatan otot sekaligus berfokus untuk tetap menjaga keseimbangaan. Lalu saat mata tertutup, tubuh akan merasa lebih rileks dan menemukan arti sebenarnya dari kehidupan.

"Ini membuat orang belajar bahwa ada banyak sekali hal yang bisa kita pelajari meski dengan mata tertutup," tambah Pete.

Julie Smerdon yang juga instruktur darj blindfolded yoga mengatakan latihan ini akan membuka sel-sel yang tadinya tertutup dalam diri. Gerakan, pernapasan, dan indera lain jadi lebih aktif dan lebih hidup.

"Setelah ini kamu akan melihat dirimu lebih baik, bisa menerima kekurangan diri sendiri dan juga orang lain, pohon terlihat lebih hijau, makanan terasa lebih nikmat, tidak ada lagi perbedaan antara kamu dan lainnya karena kita semua sama," jelas Julie.

Blinfolded Yoga Bukan Hanya Tentang Kebugaran Fisik Tapi Juga JiwaFoto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth


Pete dan Julie mengatakan dunia ini selayaknya adalah tempat bermain. Ketika terperangkap dalam emosi yang tidak terluapkan maka kita tidak akan bisa leluasa mengeksplore bagian-bagian terjauh karena ketakutan tersebut.

Saat mata tertutup, kamu tidak akan peduli dengan apapun yang terjadi di luar sana dan hanya fokus pada perbaikan diri. Juga, ketika melakukan yoga dengan mata tertutup, kamu tidak perlu malu dan merasa berkompetisi dengan orang lain.

Blinfolded Yoga Bukan Hanya Tentang Kebugaran Fisik Tapi Juga JiwaFoto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth


(kna/up)