Jumat, 05 Apr 2019 09:07 WIB

Mengenal Functional Training, Olahraga Favorit Gamer Kimi Hime

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kimi Hime saat sedang olahraga di gym. (Foto: Instagram/kimi.hime) Kimi Hime saat sedang olahraga di gym. (Foto: Instagram/kimi.hime)
Jakarta - Jadi sensasional sebagai wanita yang berkecimpung dalam bidang E-Sports, Kimberly atau yang lebih dikenal dengan Kimi Hime tetap menjaga kesehatan dan kebugaran dengan berolahraga. Rutinitas olahraga yang ia lakukan lebih banyak berada di gym bersama personal trainer.

Ia juga kerap membagikan video sedang berolahraga di akun media sosialnya. Kepada detikHealth, Kimi menyebut olahraga favoritnya adalah functional training.

"Untuk latihan dari PT sih beragam ya. Tapi biasanya itu di-mix cardio dengan functional training, core training itu juga wajib sih," kata Kimi, ditulis Kamis (4/4/2019).

Apa itu functional training? Menurut situs Mayo Clinic, functional training berfokus untuk melatih otot agar dapat bekerja optimal dalam kegiatan sehari-hari, dengan menstimulasi beberapa gerakan yang umum dilakukan di rumah, tempat kerja atau olahraga. Functional training melatih otot tubuh bagian atas dan bawah serta meningkatkan stabilitas inti tubuh.


Sebagai contoh, squat adalah salah satu latihan functional karena melatih otot yang digunakan saat bangun dan duduk di kursi atau mengambil benda yang berada di bawah. Dengan melatih otot sebagaimana mereka bekerja sehari-harinya, latihan ini menyiapkan tubuh untuk tampil lebih baik dalam situasi-situasi umum yang beragam.

Functional training cenderung menggunakan beberapa sendi dan sejumlah otot. Jika latihan ini digunakan secara benar dapat membuat kegiatan sehari-hari lebih mudah, mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kualitas hidup. Beberapa alat seperti bola fitness dan beban-beban biasanya digunakan di dalam olahraga ini.

"Tambahkan latihan functional ke dalam rutinitas olahragamu, kamu akan bisa melihat perbaikan dalam kemampuanmu melakukan aktivitas sehari-hari dan juga meningkatkan kualitas hidupmu," tulis situs tersebut.

(frp/fds)