Rabu, 10 Apr 2019 07:35 WIB

QnA

Twisty Troy Si Elastis, Pernah Dibully karena Tubuh Super Fleksibel

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Twisty Troy pernah dibully karena tubuh elastisnya. Foto: Instagram/twistytroy Twisty Troy pernah dibully karena tubuh elastisnya. Foto: Instagram/twistytroy
Jakarta - Kalau kamu menonton 'The Flash' seasonn 5, sosok Peter Merkel alias Rag Doll muncul dengan kesan 'gelap' yang menyeramkan. Tahukah kamu kalau karakter tersebut diperankan oleh seorang contortionist bernama Troy James atau lebih dikenal dengan nama Twisty Troy.

Kehebatannya dalam melakukan trik tubuh elastis kerap mengundang decak kagum. detikHealth mewawancarai Twisty Troy (TT) melalui e-mail mengenai kemampuan yang ia miliki sejak kecil ini. Seperti apa serunya perbincangan kami, simak selengkapnya di bawah ini ya.



Halo, Twisty Troy, senang sekali berkesempatan untuk wawancara. Bolehkah sedikit bercerita mengenai kapan kamu tersadar menyadari kemampuanmu ini?

TT : Saya menyadari bahwa saya sangat fleksibel ketika saya masih sangat muda. Saya bisa melipat tangan, lengan, dan punggung dengan mudah. Saya pikir semua orang memiliki kemampuan ini, tetapi dengan cepat saya mengetahui bahwa itu agak unik.

Boleh ceritakan tentang trik termudah hingga tersulit yang dapat kamu lakukan?

TT : Trik termudah misalnya membengkokan jari-jari saya ke belakang sampai menyentuh tangan saya, atau membalikkan kaki dan lutut saya. Paling sulit, (sebenarnya, itu tidak sulit, tetapi tentu saja salah satu yang paling mengesankan) saya dapat kayang ke belakang sampai saya berdiri dengan tangan dan kaki saya, dan 'merangkak' dengan sangat cepat, dan bahkan melompat.

Wah, keren-keren. Adakah keluargamu yang punya kemampuan serupa?

TT: Tidak ada orang lain di keluarga saya yang memiliki kemampuan ini. Nggak tahu kenapa...

Katanya kamu sempat menyembunyikan kemampuanmu?

TT : Ketika saya masih muda, anak-anak sekolah yang lain sering menggoda saya tentang menjadi aneh atau tidak normal karena saya begitu elastis.

Aksi kamu keren banget loh serius. Tapi omong-omong, apakah kamu pernah mengalami cedera karena aksi yang kamu lakukan?

TT : Karena saya telah melakukan ini sepanjang hidup saya, saya tahu batas kemampuan saya. Meskipun mungkin tampak menyakitkan, saya pastikan untuk saya, tidak (tidak terasa menyakitkan --red).



Lalu bagaimana caramu berlatih? Adakah diet khusus yang kamu terapkan?

TT: Saya tidak berlatih sebanyak yang seharusnya saya lakukan. Saya telah diperkenalkan dengan beberapa contortionist yang bisa melakukan gerakan yang hanya bisa saya impikan. Saya perlu berlatih atau mendapatkan pelatih untuk belajar bagaimana melakukan gerakan itu dengan aman dan benar. Suatu hari nanti!

Terus, saya tidak memiliki diet khusus, tetapi saya harus berhenti makan begitu banyak cokelat dan makanan manis. Saya suka coklat. Saya suka keju. Saya harus berhati-hati karena ketika saya bertambah tua, saya mungkin tidak bisa makan seperti yang saya lakukan sekarang tanpa menambah berat badan. (Apakah kamu pernah melihat contortionist yang gemuk? Bisa-bisa saya nggak punya karier karena makanan, hahaha!)

Haha, bisa aja sih. Oh iya, kamu kan juga main film ya dan menjadi karakter monster yang paling banyak difavoritkan. Apa yang membuatmu tertarik bermain peran?

TT : Saya suka memerankan monster dan bergerak seperti makhluk yang tidak manusiawi untuk menakuti penonton. Itu membuat saya tergetar ketika saya melihat orang-orang menjerit atau melarikan diri. Bermain monster membuatnya lebih mudah untuk melakukan itu.

Terakhir, adakah hal favorit dari kemampuan super elastis yang kamu miliki?

TT : Saya dapat menggaruk atau menyabuni punggung saya! Saya bisa masuk ke ruang sempit. Memiliki kebebasan bergerak sangat alami bagi saya. Saya tidak bisa membayangkan menjadi kaku dan tidak bisa meregang dan memuntir. Itu juga memberi saya kesempatan untuk melakukan pertunjukan keliling dunia. Itu bukan sesuatu yang kamu lihat setiap hari, dan meskipun saya malu dengan kemampuan saya ketika saya masih muda, saya senang saya memilikinya sekarang.



(ask/up)