Minggu, 14 Apr 2019 07:05 WIB

Riset: Dibanding Uang, Olahraga Lebih Bikin Bahagia!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Olahraga bisa membantu melepas hormon bahagia (Foto: iStock) Olahraga bisa membantu melepas hormon bahagia (Foto: iStock)
Jakarta - Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk membahagiakan diri sendiri. Bukan dengan uang, tetapi dengan waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga.

Menurut penelitian terbaru di jurnal Lancet, orang-orang yang secara teratur berolahraga hanya bersedih selama rata-rata 35 hari dalam setahun. Mereka yang tidak pernah atau jarang olahraga, punya ekstra 18 hari yang dilewatkan dengan bersedih hati.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Yale University dan Oxford University tersebut juga mengungkap kaitan status ekonomi dengan kebahagiaan. Orang-orang yang aktif berolahraga, menurut penelitian ini sama bahagianya dengan mereka yang berpenghasilan tinggi.



Namun bukan berarti makin banyak olahraga akan membuat seseorang makin bahagia. Ada titik optimal yakni 30-60 menit tiap pekan untuk olahraga agar kesehatan mental tetap terjaga. Olahraga lebih dari 3 jam sehari justru punya efek negatif terhadap kesehatan mental.

"Hubungan antara durasi olahraga dengan beban mental seperti huruf U," kata Adam Checroud dari Yale University yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Bussinesinsider.

Siapa yang setuju bahwa olahraga lebih bikin bahagia daripada uang?



Tonton juga video 4 Minute Workout ala Petite Diva Buat Kamu Si Super Sibuk:

[Gambas:Video 20detik]


Riset: Dibanding Uang, Olahraga Lebih Bikin Bahagia!
(up/up)