Rabu, 17 Apr 2019 06:10 WIB

5 Pilihan Olahraga Buat Kamu yang Masih Galau Mau Coblos Siapa

Ayunda Septiani - detikHealth
Stres? Olahraga saja (Foto: iStock) Stres? Olahraga saja (Foto: iStock)
Jakarta - Stres karena banyak pikiran memang wajar-wajar saja. Apalagi sekarang lagi pemilihan umum alias pemilu, kamu pasti stres karena galau dan binggung mau pilih siapa saat mencoblos. Tapi kalau terlalu berlarut-larut nggak baik juga bagi kesehatanmu lho. Kamu pasti butuh sesuatu hal yang bisa merefleksikan pikiranmu sehingga bisa menghilangkan stres.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa gerakan olahraga yang bisa menangkal stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Jadi saat mencoblos, kamu tidak akan kebingungan dan mantap akan pilihan.

Dikutip dari beberapa sumber, detikHealth sudah merangkum 5 pilihan olahraga yang bagus dilakukan untuk membuat pikiran menjadi rileks. Apa saja?



1. Yoga
Bukan rahasia lagi kalau yoga menjadi salah satu olahraga relaksasi yang sangat dianjurkan bagi kamu yang cepat stres dan rentan terpancing emosi. Karena, ada banyak gerakan yoga yang dapat meringankan komplikasi pikiran yang rumit sekaligus menyehatkan fisik kamu loh healty friend. Gerakan stretching pada yoga dapat menyeimbangkan antara kontrol pikiran dan gerakan fisik, sehingga membuat kamu merasa damai, lebih lapang sekaligus meningkatkan konsentrasi.

2. Renang
Renang juga termasuk olahraga yang memberikan sensasi relaksasi pada tubuh. Persentuhan tubuh dengan air dapat memberikan efek menenangkan lho detikes. Selain itu, melakukan olahraga air juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya cedera seperti keseleo atau benturan yang umum diakibatkan karena gerakan olahraga di darat.

3. Zumba
Olahraga yang dilakukan sambil mendengarkan musik seperti zumba sangat terbukti dapat memberikan relaksasi. Mendengarkan musik favorit saja dapat menyehatkan jiwa kita, apalagi kalau dilakukan beriringan dengan olahraga, sehatnya bisa lebih berlipat-kali lho. Sebuah penelitian dari Health Education Journal menyebutkan, melakukan zumba secara rutin dapat menyehatkan emosi dan meningkatkan mood menjadi lebih positif juga.



4. Muaythai
Eits, jangan langsung pesimistis ya, jangan dipikir olahraga ini nggak memberikan sensasi relaksasi. Malah muay thai efektif memberikan sensasi relaksasi lewat gebukan tangan dan tendangan yang kamu sasarkan pada trainer ataupun ke bantalan tinju. Melakukan muay thai selama 1 jam dapat memberikan efek stress release sekaligus membentuk badan menjadi lebih bugar lho detikers.

5. Bersepeda
Selain mengolah badan kamu, bersepeda juga dapat memberi efek relaksasi pikiran lewat mengamati dan menikmati jalanan yang dilewati selama bersepeda. Cobalah melewati track yang sedikit unik seperti jalanan di hutan, jalanan mendaki di perbukitan, car free day atau bahkan rute rumah menuju kantor juga menarik untuk dicoba.

(up/up)