Kamis, 18 Apr 2019 06:11 WIB

Health Enthusiast

Alasan Novita Tandry Suka Angkat Beban: Tetap Langsing Walau Banyak Makan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Olahraga Novita Tandry. Foto: instagram Olahraga Novita Tandry. Foto: instagram
Jakarta - Olahraga angkat beban sudah cukup lama dihindari oleh kaum hawa, dengan alasan takut menjadi berotot dan tidak 'laku' di mata pria. Namun bagi psikolog anak dan remaja Novita Tandry, olahraga berat ini justru telah membuatnya jatuh cinta sejak duduk di bangku SMA hingga kini nyaris berusia kepala lima.

Kepada detikHealth, ia menceritakan alasannya: "Jadi kenapa saya begitu suka dengan latihan beban, karena pakai waktunya sedikit, kalori banyak yang dibakar, saya punya otot yang banyak dan saya bisa makan yang banyak."

"Bonusnya badan saya langsing terus dari jaman masih gadis sampai punya anak dua, dan sekarang sampai anak saya yang pertama menikah, badan saya nggak berubah. Masih kencang," lanjut wanita berusia 48 tahun tersebut lewat sambungan telepon, ditulis Selasa (16/4/2019).

Olahraga angkat beban menurut Novita bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Bahkan terkadang tak perlu memakai dumb bell, latihan beban bisa dilakukan dengan menggunakan beban tubuh sendiri. Mudah, praktis, murah meriah, tapi efektif, begitu ia menganggapnya.


Seberapa efektif? Ia membandingkannya dengan olahraga lari. Kebanyakan wanita maupun pria memilih lari sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, kalori yang dibakar lebih sedikit daripada angkat beban.

"Lari itu cuma kardio aja, nggak bisa membentuk otot. Dan kalori yang dibakar pada saat kita lari sekitar dua jam dengan latihan beban selama setengah jam itu sama, lho, bahkan latihan beban bisa lebih besar. Kan kita maunya dalam waktu yang singkat tapi bakar kalorinya yang tinggi, sekitar 800 hingga 1000 kalori," imbuhnya.

Menggeluti dunia olahraga sejak usia belasan tahun tentu memiliki manfaat besar pada kesehatan yang dirasakan Novita. Diakuinya, hingga nyaris menjadi nenek-nenek, tak ada satupun penyakit degeneratif usia tua yang menghampiri tubuhnya.

"Kayak diabetes, hipertensi, sebutkan deh penyakit-penyakit yang kerap diidap orang berusia aku, nggak ada. Urusan masuk rumah sakit gitu nggak ada, bersih semua. Itu sudah satu bonus yang nggak bisa dibeli dengan uang. Kebugaran, kesehatan, bergerak nggak cepat capek, ditambah lagi badannya akan selalu terasa enak, termasuk enak dilihat jadi makin percaya diri," katanya.

Masih kurang alasan lagi untuk membuatmu tertarik olahraga angkat beban? Novita menyebut manfaat lainnya adalah menghemat uang, karena masih bisa menggunakan baju dari zaman dulu. Lumayan banget kan, ladies!



Simak Juga "Banyak Dicibir, Petite Diva Justru Bangga Jadi Wanita Berotot":

[Gambas:Video 20detik]

Alasan Novita Tandry Suka Angkat Beban: Tetap Langsing Walau Banyak Makan
(frp/up)
News Feed