Sabtu, 20 Apr 2019 12:30 WIB

Tak Sempat Lari Pagi? Tenang, Olahraga Sore Hari Ternyata Lebih Menyehatkan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Olahraga pagi atau sore hari sama-sama bagus untuk kesehatan (Foto: iStock) Olahraga pagi atau sore hari sama-sama bagus untuk kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Olahraga di pagi dan sore hari punya plus dan minusnya masing-masing. Bagi kamu tim sore, ada satu penelitian baru yang menegaskan lagi kelebihan olahraga di sore hari.

Penelitian yang dilakukan pada tikus ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik pada sore hari berjalan 50 persen lebih efisien dibanding pagi hari. Pada sore hari, konsumsi oksigen lebih sedikit dan fungsi metabolisme lebih baik.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism ini, para ilmuwan 'mengolahragakan' tikus pada berbagai variasi waktu. Teramati, sistem metabolisme berjalan lebih efisien pada tikus yang secara fisik aktif di sore hari.

Tim peneliti juga membandingkannya dengan pengamatan pada 12 manusia. Hasilnya tidak jauh berbeda, olahraga pada sore hari membuat konsumsi energi lebih efisien dibandingkan pagi hari.



"Ini benar tak cuma pada manusia tapi juga semua organisme yang sensitif terhadap cahaya." jelas Dr Gad Asher dari Weizmann Institute of Science yang memimpin penelitian, dikutip dari Dailymail.

Jadi tak perlu sedih kalau tadi ini belum sempat lari pagi, karena masih ada waktu sore nanti. Semangat!


Saksikan juga video 'Tak Cuma Sehat, Lari Pagi Punya Banyak Manfaat':

[Gambas:Video 20detik]


Tak Sempat Lari Pagi? Tenang, Olahraga Sore Hari Ternyata Lebih Menyehatkan
(up/up)
News Feed