Rabu, 01 Mei 2019 18:50 WIB

Daripada Lari, Lompat Tali Lebih Efektif Bakar Kalori dan Aman untuk Kaki

Firdaus Anwar - detikHealth
Olahraga lompat tali tidak kalah simpel dari lari. (Foto: Thinkstock) Olahraga lompat tali tidak kalah simpel dari lari. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Lompat tali yang mungkin sudah jarang kita lakukan sejak masa anak-anak disebut studi terbaru termasuk olahraga yang efektif dan aman untuk membakar kalori daripada lari. Menurut peneliti lompat tali ternyata tidak terlalu membebani lutut sehingga lebih minim risiko cedera.

Dalam laporan di jurnal Gait & Posture peneliti dari Amerika Serikat melihat bisa sampai 79 persen pelari tiap tahun melaporkan pernah cedera. Ini karena mekanika gerakan tubuh saat berlari menghasilkan beban besar yang harus dipikul oleh anggota gerak tubuh bagian bawah.


Nah kaitannya dengan lompat tali, pemimpin studi Jessica McDonnell dari East Carolina University, menemukan kalau beban yang dihasilkan olahraga ini tidak terlalu besar. Hal ini diketahui setelah peneliti membandingkan kekuatan kontak pada lutut 20 orang dewasa muda yang berlari dan lompat tali dengan kecepatan serupa.

Hasilnya lari menghasilkan rata-rata kekuatan kontak hampir dua kali lebih besar daripada lompat tali pada bagian patella atau tempurung lutut. Lari juga juga menghasilkan rata-rata kekuatan kontak 30 persen lebih besar daripada lompat tali pada bagian persendian tibiofemoral.

Sementara itu lompat tali rata-rata bisa membakar kalori 30 persen lebih banyak daripada lari.

"Lari tentu sudah jadi bagian tidak terpisahkan dalam banyak aktivitas atletik dan kami juga tidak buta mata terhadap keengganan orang-orang untuk menambahkan lompat tali dalam daftar olahraganya, tapi tetap dalam studi ini lompat tali yang keluar sebagai alternatif gerakan dengan potensi," kata Jessica seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/5/2019).

Kesimpulannya untuk kamu yang ingin jadi lebih kurus namun khawatir cedera olahraga lompat tali mungkin bisa dicoba.

Daripada Lari, Lompat Tali Lebih Efektif Bakar Kalori dan Aman untuk KakiFoto: infografis


(fds/kna)