Kamis, 02 Mei 2019 11:07 WIB

Belajar dari Iker Casillas, Kenali Tanda-tanda Serangan Jantung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Iker Casillas mengalami serangan jantung di usia yang masih relatif muda (Foto: REUTERS/Ina Fassbender) Iker Casillas mengalami serangan jantung di usia yang masih relatif muda (Foto: REUTERS/Ina Fassbender)
Jakarta - Serangan jantung yang dialami eks kiper Real Madrid, Iker Casillas, mengingatkan bahwa tidak ada yang kebal terhadap penyakit mematikan tersebut. Kenali tanda-tandanya agar tidak terlambat mencari pertolongan.

"Tanda dan gejalanya khas untuk serangan jantung adalah dada seperti ditekan dan sesak napas bisa disertai nyeri di rahang atau punggung juga disertai kram di lengan kiri atau lemas dan bahkan hampir pingsan," kata dokter jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA.

Ketika mengalami tanda-tanda tersebut, maka memang sebaiknya tidak melanjutkan olahraga, apalagi yang memiliki intensitas tinggi. Tetapi perlu dicatat, istirahat saja tidak cukup karena harus segera mendapat pertolongan medis.

"Sekali tercetus serangan jantung maka proses serangan jantung itu tidak hilang dengan istirahat. Maka itu seperti Iker Casillas dia segera ke rumah sakit," jelas dr Vito.



Dikutip dari detiksport, Casillas mengalami Accute Infark Myocard. Diagnosis yang cepat memungkinkan sang kiper mendapat pertolongan medis yang tepat, misalnya kateterisasi atau pemasangan ring/stent walau belum ada berita yang detail menjelaskan hal ini.

"Penanganan yang cepat menyelamatkan kiper juara dunia ini," tandas dr Vito.



Tonton video Kemenangan Barca dan Doa Messi untuk Iker Casillas:

[Gambas:Video 20detik]


Belajar dari Iker Casillas, Kenali Tanda-tanda Serangan Jantung
(up/kna)
News Feed