Jumat, 03 Mei 2019 07:00 WIB

Serangan Jantung Saat Olahraga Seperti Iker Casillas, Kenali Tahapannya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja, bahkan atlet sebugar Iker Casillas juga tidak kebal (Foto: REUTERS/Stefano Rellandini) Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja, bahkan atlet sebugar Iker Casillas juga tidak kebal (Foto: REUTERS/Stefano Rellandini)
Jakarta - Serangan jantung kerap terjadi saat olahraga. Baru-baru ini, eks kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol Iker Casillas juga mengalaminya saat latihan. Bagaimana mengenali tanda-tandanya?

Ahli jantung dr Vito A Damay, SpJP menyebut dada sesak seperti ditekan dan disertai nyeri di rahang atau punggung adalah gejala khas serangan jantung. Bisa juga disertai kram di lengan kiri, lemas dan bahkan hampir pingsan.

Sebuah pesan viral beberapa waktu lalu juga menjelaskan dengan detail tahap-tahap serangan jantung saat olahraga. Berikut analisis dr Vito tentang informasi tersebut.

1. Tubuh panas
Menurut dr Vito, informasi bahwa tubuh terasa panas menandakan telah tercapainya batas maksimal kerja jantung adalah benar.



2. Sulit mengatur napas
Apabila mengalami gejala ini, maka perlu mengurangi kecepatan atau bermain power. Menurut dr Vito, intentitas olahraga yang cukup ditandai dengan ketidakmampuan menyelesaikan satu kalimat utuh saat berbicara.

"Ini sudah merupakan intensitas olahraga yang cukup," jelas dr Vito.



3. Berkunang-kunang atau mual
Pada tahap ini, sudah pasti harus menghentikan aktivitas olahraga.



4. Blackout atau pingsan
Tidak perlu dihentikan, aktivitas olahraga dengan sendirinya akan berhenti bila sudah mengalami gejala ini. Segera cari pertolongan medis!



5. Jantung berhenti bekerja
Bila tidak segera mendapat pertolongan, maka jantung bisa berhenti bekerja.

Penting untuk dicatat bahwa pada serangan jantung, khususunya infark myocard akut seperti dialami Iker Casillas, proses serangan tidak akan berhenti hanya dengan beristirahat. Karenanya, sangat penting untuk sesegera mungkin mencari pertolongan medis bila mengalami tanda-tanda tersebut.



Simak Juga "Kemenangan Barca dan Doa Messi untuk Iker Casillas":

[Gambas:Video 20detik]

Serangan Jantung Saat Olahraga Seperti Iker Casillas, Kenali Tahapannya
(up/wdw)