Kamis, 16 Mei 2019 15:08 WIB

Memanah, Berkuda, Berenang, Mana yang Paling Banyak Bakar Kalori?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Berkuda termasuk salah satu olahraga yang dianjurkan (Foto: Rachman Haryanto) Berkuda termasuk salah satu olahraga yang dianjurkan (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Ada 3 jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW yakni memanah, berkuda dan berenang. Ketiganya tentu memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Ketiga olahraga ini membutuhkan tingkat fokus yang tinggi, jadi nggak cuman sehat fisik tapi juga mental. Tapi kalau pengin memilih jenis olahraga yang lebih banyak bakar kalori, kira-kira apa ya?

"Dengan waktu yang sama misal satu jam kalau bakar kalori ya paling banyak berenang. Biasanya akan kita lihat dari METs-nya (METs = Metabolic Equivalent of Tasks) karena renang itu tingkatannya dari sedang ke tinggi," tutur Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr Grace Joselini, kepada detikHealth belum lama ini.



Berenang merupakan latihan aerobik yang baik karena melibatkan kontrol napas yang lebih banyak dibandingkan dengan berjalan. Berenang jadi olahraga dengan intensitas cukup tinggi karena membuat otot di seluruh tubuh bekerja dengan keras.

"Dalam durasi satu jam berenang, kalori yang bisa terbakar kira-kira 500 kalori. Berkuda sekitar 300 kalori, memanah juga sekitar 300 kalori," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed