Sabtu, 18 Mei 2019 09:20 WIB

Healthy Lifestyle Influencer

Kenalin! Mahendra Arditirta, Instruktur Crossfit yang Ganteng dan Beprestasi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Mahendra Arditirta juara crossfit nasional yang ganteng dan kekar. Foto: Dok. Pribadi Mahendra Arditirta Mahendra Arditirta juara crossfit nasional yang ganteng dan kekar. Foto: Dok. Pribadi Mahendra Arditirta
Jakarta - Awalnya, Mahendra Arditirta (30) tidak menyangka akan sampai sebegitu cintanya dengan crossfit. Pria dengan sapaan akrab Mahe ini telah menggeluti dunia crossfit kurang lebih 3 tahun lamanya hingga akhirnya mendapatkan peringkat satu dalam kejuaraan crossfit nasional, Crossfit Open.

Sedari dulu, Mahe memang menyukai olahraga seperti badminton, bersepeda, atau basket, akan tetapi ia tidak pernah begitu menekuninya. Namun baru kali ini ia merasa begitu jatuh cinta dengan salah satu cabang olahraga hingga seserius itu.

"Olahraga itu memang jalan terus, sampai join crossfit sekitar 3 tahun yang lalu kebetulan menarik," kata pria yang menempuh pendidikan Bachelor of Science, Nanotechnology, di UNSW Australia.

"Saya tahu crossfit itu sudah dari 5 tahun yang lalu sebenarnya. Dua tahun awal tapi hanya tahu saja. Saya tahu dari teman, teman saya ada yang ikut crossfit dan kok olahraganya makin lama makin kuat? Wah dari situ tertarik," lanjutnya.

Menurut pemilik akun Instagram @mahendr_, crossfit membuatnya merasa jiwa kompetitifnya terpacu. Dengan hasil yang selalu bisa dibandingkan dengan orang lain tanpa harus kompetisi terlebih dahulu, ia pun menjadi ketagihan.

Mahendra Arditrita Juara I Crossfit Open 2019. (Foto: Dok. Pribadi Mahendra Arditirta)Mahendra Arditrita Juara I Crossfit Open 2019. (Foto: Dok. Pribadi Mahendra Arditirta)

"Kalau badminton kita bisa bandingin diri kita sama orang lain kalau cuma ada kompetisi, tapi kalau crossfit kita setiap hari bisa compare results sama temen-temen karena semua ada angkanya dari score, entah waktu atau repetisi, itu yang bikin menarik. Jiwa kompetitif saya terpacu dan nggak bosenin karena variasinya sangat banyak," tutur pria yang menjadi part time coach di Crossfit 6221 tersebut.

Selain itu yang membuat crossfit menarik adalah latihan yang pada dasarnya ditujukan untuk kesiapan fisik umum yang dekat dengan keseharian. Dengan rajin berlatih crossfit, ini bisa membantu seseorang untuk melakukan aktivitas tidak terduga dalam keseharian menjadi lebih mudah. Misalnya mengangkat beban dari lantai ke atas lemari, atau saat lift mati dan mengharuskan naik tangga ke apartment lantai 20.


Setelah jatuh cinta dengan crossfit, ia pun ikut mengirimkan skornya untuk mengikuti kejuaraan crossfit nasional, Crossfit Open. Tahun awal, ia tidak berhasil masuk dalam jajaran 10 besar di seluruh Indonesia. Namun siapa sangka, prestasinya semakin meningkat hingga di tahun-tahun berikutnya, ia masuk 10 besar. Pencapaian tertinggi ia dapatkan pada tahun ini di mana posisinya melesat tajam menduduki peringkat pertama!

Perlu diketahui, dalam penghitungan skor ada 10 aspek kebugaran yang mendapatkan penilaian mulai dari kekuatan, daya tahan, stamina, fleksibilitas, kekuatan, kecepatan, koordinasi, ketangkasan, keseimbangan, dan akurasi. Itu berarti, Mahe cukup unggul dalam setiap penilai tersebut dan menjadikannya sebagai pemenang.

"Saya akhirnya setelah 4 tahun berusaha keras akhirnya bisa posisi pertama untuk negara Indonesia. Tahun sebelumnya pernah posisi ke-8. Terima kasih juga sama teman-teman di sini (crossfit 6221, tempat Mahe mengajar --red) yang bantu kita berkembang," ujar Mahe.

Mahendra Arditirta yang nggak bosan latihan demi sehat dan menang kompetisi crossfit. (Foto: Dok. Pribadi Mahendra Arditirta)Mahendra Arditirta yang nggak bosan latihan demi sehat dan menang kompetisi crossfit. (Foto: Dok. Pribadi Mahendra Arditirta)





Nah, karena berhasil menjadi pemenang dalam Crossfit Open, Mahe pun masuk klasifikasi orang yang dikirim untuk mewakili negara di kejuaraan internasional crossfit, Crossfit Games dan berkesempatan mendapatkan gelar 'Fittest on Earth'. Ini pun menjadikannya sebagai orang pertama di Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut.

"Mulai tahun ini ada perubahan peraturan jadi setiap negara bisa ngirim orang at least satu dengan cara, orang yang nomor satu dalam 5 minggu (rentetan tes -- red) di Crossfit Open itu. Satu cowok dan satu perempuan. Nah, kebetulan saya yang nomor satu (posisi pertama --red) jadi Agustus acara Crossfit Game ini, di Amerika, saya rencananya akan mewakilkan Indonesia," jelas Mahe.

"Harapannya saya ke sana mewakili Indonesia, pengin agar orang-orang di Indonesia terbuka bahwa olahraga crossfit ini juga olahraga yang fungsinya banyak, dan semakin banyak juga orang yang mengembangkan olahraga ini," tambahnya.

Wah semangat terus ya Mahe, semoga nanti bisa mengharumkan nama bangsa dengan gelar 'Fittest on Earth' di tangan. Selamat berjuang! (ask/up)
News Feed