Minggu, 19 Mei 2019 03:33 WIB

Baru Sekali Olahraga Langsung Nyerah? Begini Saran Pelatih Kebugaran

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Memulai kebiasaan olahraga harus ada komitmen. (Foto: dok. pribadi) Memulai kebiasaan olahraga harus ada komitmen. (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Terkadang, baru sekali olahraga rasanya sudah bikin kita nggak kuat. Alasan kaki yang lemas atau perut yang terasa kaku beberapa hal yang bikin bendera putih berkibar padahal baru juga sehari latihan.

Kalau kamu termasuk salah satu yang ingin menyerah di hari pertama latihan, dengarkan saran dari Mahendra Arditirta, pelatih kebugaran di Crossfit 6221 sekaligus juara nasional kompetisi crossfit 'Crossfit Open' tahun 2019.

"Kita punya member banyak yang bener-bener nggak pernah olahraga, dateng ke sini tujuannya saya mau fit maksudnya nggak gampang sakit, mau bisa gerak bebas, karena mungkin mereka sering travel buat kerja. Mereka datang ke sini minggu pertama wah sengara, sengara banget pasti. Tapi kita selalu ingetin ya pasti sengsara dong, ya kasarannya lo udah 30 tahun nggak pernah olahraga sama sekali langsung olahraga seminggu katakanlah 3 tiga kali, pasti sengsara tapi sabar aja karena perubahan itu pelan," ujar Mahe kepada detikHealth.

Kalau kamu mencoba crossfit sebagai pilihan, Mahe mengatakan sabar saja karena perubahan pasti terjadi dalam waktu yang nggak cepat. Ia menyarankan setidaknya coba bertahan selama 3 bulan latihan deh, pasti kamu bakal merasakan perubahan.


"Kita kan merubah secara fundamental itu pasti pelan. Kita selalu saranin at least coba 3 bulan, lihat efeknya gimana. Nah dari mereka yang komit 3 bulan latihan, kita mungkin latihan seminggu 1-3 kali, nggak usah banyak-banyak yang penting ada, 3 bulan mulai ada perubahan," kata pemilik akun Instagram @mahendr_.

Perubahan-perubahan itu meliputi jadi tidak mudah sakit atau capek, bisa melompat lebih tinggi, mampu push up dan peningkatan kemampuan fisik lainnya.

"Saya inget banyak member yang dulunya nggak pernah olahraga sama sekali sekarang udah bareng kita setahun, sekarang mereka hebat, mau lari half marathon juga kuat," tuturnya.

Ada beberapa hal yang menurut Mahe menjadi hal yang paling penting dan menentukan. Mental dan juga komitmen adalah dua di antaranya.

"Yang dibutuhkan komitmen, harus kuat mental dulu. Ada banyak yang nyobain orang-orang yang dulunya udah olahraga mungkin stop kerjaan atau banyak hal lain nyobain crossfit, katanya pengen kayak dulu lagi, nyobain seminggu dua minggu ah nggak kuat, akhirnya quit. Ya nggak ada hasilkan kalau kayak gitu," tandasnya.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan dan mendengarkan kata pelatih nih. Dengan begitu, kita bisa selalu meningkatkan kemampuan dan keterbatasan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

(ask/up)
News Feed