Jumat, 31 Mei 2019 09:10 WIB

Mudik Sambil Menyebarkan Virus Bersepeda ala John Maynard

Rosmha Widiyani - detikHealth
John Maynard dan sepeda yang digunakan mengelilingi Indonesia. (Foto: Rosmha/detikHealth) John Maynard dan sepeda yang digunakan mengelilingi Indonesia. (Foto: Rosmha/detikHealth)
Jakarta - John Maynard memang tidak muda lagi di usianya yang 60 tahun. Namun John masih semangat menularkan virus bersepeda kepada seluruh orang yang ditemuinya.

"Tahun ini saya ikut Gowes Mudik ke Bromo, Jawa Timur. Sekalian ngajak orang naik sepeda dan ngeliatin gimana naik sepeda yang benar supaya enak," kata John pada detikHealth.

Semangat mengajak orang sehat bersepeda, menurut John telah dilakukannya sejak 2005. Tahun 2009 John makin gencar menyebarkan ajakan ini melalui aneka touring, yang awalnya lebih sering dilakukan sendiri.



John sendiri memang tak pernah lepas dari sepeda, sejak sempat menjadi atlet ketika sekolah SMP-SMA. Namun John berhenti di tahun 1979-1980 karena kuliah dan menikah.

Naik sepeda kembali ditekuninya pada 2005, setelah sempat mengalami kecelakaan akibat ditabrak mobil pada 1993. Dengan usia yang tidak muda lagi, John harus menyesuaikan diri dengan keterbatasan kemampuan fisik.

"Bisa naik sepeda dengan benar sebetulnya seperti bayi yang akhirnya bisa belajar jalan. Ada step-step yang harus dilalui hingga bisa jalan dengan enak. Sesuai usia, naik sepeda juga beda-beda sesuai kemampuan tubuh," kata John.

Pengetahuan dasar ini selalu John terapkan dan ajarkan tiap kali touring dengan sepeda. Salah satunya tinggi kaki dari pedal ke sadel yang sesuai ukuran tubuh. Terlalu tinggi berisiko mengakibatkan urat di betis belakang seperti tertarik. Sedangkan terlalu pendek mengakibatkan sakit di bagian paha.



Sekembalinya dari Bromo, John juga tak hendak berdiam diri. John akan menyelesaikan impiannya keliling Indonesia dengan sepeda yang dimulai pada 2016. Untuk 2019, John berharap bisa mengelilingi Kalimantan dan menyelesaikan etape di Sulawesi.

John menargetkan bisa menuntaskan keliling Indonesia dengan menyusuri jalur pantai dalam 4 tahun mendatang. Beberapa propinsi yang akan dijelajahinya adalah Maluku, Papua, NTT, dan NTB yang akan berakhir di Banten.

Tentunya, John yakin bisa memenuhi target tersebut. Salah satunya menjaga kecukupan air di dalam tubuh, serta mengetahui kontrol diri saat merasa lelah.

"Harus diingat, tiap orang punya kondisi tubuh yang berbeda. Artinya, jangan asal bersepeda jika punya target tertentu. Asal tahu kontrol dan keterbatasan diri, maka tujuan bisa tercapai," kata John.

(up/up)