Jumat, 31 Mei 2019 18:20 WIB

Bersepeda Ribuan Km ke Labuan Bajo, Kakek Ini Cuma Ingin Lihat Komodo

Rosmha Widiyani - detikHealth
Albert Waru dan sepedanya yang digunakan untuk ke Labuan Bajo. (Foto: Rosmha Widiyani/detikHealth) Albert Waru dan sepedanya yang digunakan untuk ke Labuan Bajo. (Foto: Rosmha Widiyani/detikHealth)
Jakarta - Jarak Jakarta-Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur sekitar 3.920 kilometer sekilas tak mungkin ditaklukkan dengan sepeda. Namun Albert Waru yang kini berusia 65 tahun mematahkan anggapan tersebut.

Warga Bekasi Utara ini baru saja menyelesaikan perjalanan ke Labuan Bajo pada Januari 2019. Rasa lelah Albert terbayar setelah tujuan ke salah satu destinasi wisata nasional tersebut tercapai.

"Saya ingin lihat komodo makanya sampai ke sana sendirian. Dalam perjalanan ini jika lelah saya berhenti dan istirahat dulu," kata Albert pada detikHealth saat ditemui di Gowes Mudik 2019.



Perjalanan dimulai dengan naik sepeda menuju Surabaya, Jawa Timur, yang dilanjutkan dengan nyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali dengan kapal. Albert sempat eksplore Bali selama beberapa hari sebelum nyebrang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dari Lombok perjalanan lanjut ke Sumbawa masih dengan kapal yang bisa membawa sepeda. Sumbawa menjadi tempat pemberhentian terakhir di NTB, sebelum naik kapal ke Flores, Nusa Tenggara Timur.

Perjalanan terakhir adalah ke Labuan Bajo di Pulau Komodo yang terletak di pojok barat Flores. Di lokasi ini, Albert akhirnya bisa melihat hewan yang digadang sebagai reptil terbesar di dunia.

Halangan tentunya terjadi dalam perjalanan melihat komodo. Salah satunya rasa lelah yang muncul. Saat kondisi tersebut terjadi, Albert mengangkut sepeda dengan mobil untuk menempuh jarak yang jauh.



Albert sendiri baru aktif menggunakan sepeda kecil untuk menempuh jarak jauh saat pensiun. Di usia 60 tahun, Albert yang memang suka olahraga sebelumnya menekuni sepeda gunung. Olahraga ini lebih berat daripada yang ditekuninya sekarang.

"Setiap hari, saya selalu latihan sepeda biasanya antar komplek bareng teman-teman. Tiap minggu, saya juga naik sepeda ke rumah anak di Karawang. Setiap saat pasti saya sempatkan bersepeda," kata Albert.

Bersepeda jelas membantu Albert tetap sehat, serta mewujudkan keinginan lihat komodo. Albert yakin tiap orang bisa melakukan hal serupa, tentunya dengan tidak memaksakan diri dan rutin latihan setiap hari.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed