Selasa, 18 Jun 2019 18:50 WIB

Olahraga Cuma Buat Foto-foto? Catat, Ini Pesan si Cantik Sigi Wimala

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sigi Wimala. (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth) Sigi Wimala. (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth)
Jakarta - Kesibukan menemani sang buah hati membuat nama aktris Sigi Wimala tak terdengar lagi di dunia hiburan. Walau begitu ia tak melepas hobi olahraganya, berlari marathon dan bersepeda.

Sempat berhenti dari dunia lari dan juga marathon sejak 2013 lalu, Sigi kembali lagi pada 2018 dengan mengikuti sister marathon bersama sang adik, Agni Pratistha, Puteri Indonesia 2006. Meski harus membagi waktu antara menjadi ibu full-time dengan latihan berlari marathon, Sigi mengaku tidak berat.

"Dulu mau lari marathon sempat males banget karena nggak ada orang. Sekarang begitu balik, udah banyak banget dan aku merasa wah aku ketinggalan banget," kata wanita berusia 35 tahun tersebut saat ditemui di kawasan Sudirman, Selasa (18/6/2019).

Oleh karena itu, ia membagikan saran untuk para pemula yang ingin berlari marathon. Yang utama adalah berlatih dengan benar dan tidak memaksakan diri sendiri.



"Jangan terlalu memforsir diri kita yang kayak oh semua orang lari half marathon, lari full marathon, karena gengsi jadi ikut-ikutan padahal tubuhnya belum sekuat itu akhirnya cedera. Jangan cuma demi konten. Jangan kayak gitu juga jadi harus membaca tubuh kita, kapasitasnya," lanjutnya.

Membaca tubuh kita sendiri bisa dengan mengenali apakah tubuh kita tidak cukup fit untuk berlari marathon. Jika merasa ada sesuatu yang tidak biasa di tubuh kit, sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter.

"Kadang-kadang kita kan aduh lututnya sakit dan rada nggak enak gitu. Awalnya nggak enak tapi karena dipaksain lari terus jadinya cedera gitu," imbuh Sigi.

Sigi juga menekankan fenomena banyaknya pelari yang lebih mengutamakan gaya penampilan ketimbang kesehatan. Lebih penting disiplin dan nutrisi daripada terlalu boros dalam bergaya, namun lupa untuk membentuk kebiasaan gaya hidup sehat, tegasnya.

(frp/up)