Rabu, 19 Jun 2019 07:15 WIB

Mau Olahraga Tapi Susah Bangun Pagi? Ini Tips Pelari Cantik Sigi Wimala

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jangan susah bangun pagi untuk olahraga. (Foto: Ismail) Jangan susah bangun pagi untuk olahraga. (Foto: Ismail)
Jakarta - Dalam beberapa event lari marathon, baik half-marathon maupun full-marathon, biasanya dimulai sejak dini hari hingga finis. Bukannya tak mungkin kita akan merasa ngantuk, apalagi bagi pemula yang akan mengikuti marathon.

Oleh karena itu, aktris sekaligus penggiat kebugaran Sigi Wimala membagikan tips simpel khususnya untuk pemula. Berkaca dari dirinya sendiri yang merasa ngantuk hingga cedera saat mengikuti sister marathon pada 2018 lalu, setelah vakum dari dunia lari sejak tahun 2013.

Pada umumnya, pendaftaran untuk acara marathon dibuka beberapa bulan sebelumnya. Sehingga, Sigi mengatakan ada banyak waktu untuk mempersiapkan diri berlatih agar ngantuk tak mudah menyerang.


Bisa dimulai dengan membuat schedule atau jadwal, misalnya dengan membiasakan bangun lebih pagi dari biasanya. Lalu diikuti dengan latihan lari juga.

"Bangun subuh, lari sebelum ke kantor. Percaya deh mungkin orang-orang berpikir kalau lari pagi-pagi ah ngantuk. Nggak. Nanti pasti selesai lari tubuh lebih energized. Metabolisme kita akan di-boost kan dengan berolahraga," kata wanita yang berusia 35 tahun ini, Selasa (19/6/2019).

Sigi juga menyebutkan, bersiap lari marathon jangan hanya berlatih lari saja. Namun juga melatih kekuatan, kelenturan, dan stabilitas tubuh, yang bisa didapat dengan melakukan olahraga lainnya, misal bersepeda atau berenang.

(frp/up)
News Feed