Rabu, 19 Jun 2019 20:04 WIB

Trik Sigi Wimala Kenalkan Olahraga Sejak Dini ke Anaknya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sigi Wimala dan anak keduanya, Alex. Foto: Ismail Sigi Wimala dan anak keduanya, Alex. Foto: Ismail
Jakarta - Aktris Sigi Wimala jatuh cinta pada dunia lari sejak tahun 2009 lalu. Wanita yang pernah menyabet titel Gadis Sampul ini menyebut kecintaannya pada dunia lari merambah ke olahraga lain seperti bersepeda dan berenang.

"Tadinya sebelumnya nggak fun lah ya, kita lari cuma sendiri. Di luar nggak ada yang lari. Dulu trotoar kita juga nggak bagus buat lari," cerita Sigi saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (19/6/2019).

Sigi sempat vakum dari dunia olahraga selama 5 tahun, yakni dari tahun 2013 hingga 2018. Pada tahun 2018, Sigi kembali ke dunia lari dengan mengikuti sister marathon bersama sang adik, Agni Pratistha. Mulai dari situ, Sigi mulai membagi waktunya sebagai seorang ibu dua anak dengan berlari.


Sesekali Sigi mengajak kedua anaknya, Maxine Sara dan Alex, ke tempat ia berlatih berlari. Ia menyempatkan untuk berlari dua kali seminggu, dengan menambahkan hari ketiga di hari minggu untuk long run sekitar 20 km bersama komunitas yang ia ikuti.

"Kita sebagai orang tua memberi contoh ke anak. Dia ngelihat kita kok bangun pagi pagi terus latihan terus lari. Terus dia ngelihat aku sama Agni tahun lalu pergi berdua ke Borobudur. (Ini) memberi example ke anak-anak pentingnya berolahraga dan berolahraga itu menyenangkan lho. Lihat atlet-atlet yang sedang latihan, hopefully mereka inspired ya untuk berlatih dengan disiplin," kata wanita kelahiran Jakarta ini.

Tak hanya lari, Sigi mengombinasikan latihan olahraga tiap harinya dengan menu latihan strength (kekuatan), stability dan flexibility yang berguna untuk mencegah cedera. Karena otot untuk berlari digunakan terus-menerus, bisa jadi tubuh akan memberikan penekanan berlebih sehingga mengombinasikan latihan sangat penting.

"Kalau aku ada berenang, sepedaan. Tapi kebetulan aku orangnya suka olahraga jadi semua olahraga aku jalanin. Sepedaan udah jarang, tapi harusnya balik lagi sih, hehehe.." tandasnya.

(frp/up)