Rabu, 03 Jul 2019 11:49 WIB

Selamat! Kamu yang Suka Jalan Cepat Berpeluang Hidup Lebih Lama

Widiya Wiyanti - detikHealth
Berjalan cepat bisa membuat peluang hidup lebih lama. Foto: Thinkstock Berjalan cepat bisa membuat peluang hidup lebih lama. Foto: Thinkstock
Jakarta - Suatu yang mudah dan tak membutuhkan biaya besar namun bermanfaat bagi kesehatan, itu adalah berjalan. Kami ucapkan selamat pada kamu yang doyan berjalan cepat. Pasalnya, kamu yang sering berjalan cepat memiliki peluang hidup lebih lama.

Hal itu dibuktikan oleh suatu penelitian yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Proceedings. Para peneliti memantau kebiasaan berjalan dan kematian hampir 475.000 orang yang sebagian besar berusia 50-an.

Seluruh peserta melaporkan kecepatan berjalan mereka dalam kategori 'kecepatan lambat', 'kecepatan stabil/rata-rata', dan 'kecepatan cepat'. Hasilnya, peserta dengan langkah jalan cepat memiliki harapan hidup lebih lama di semua kategori BMI (indeks massa tubuh).

"Hasil ini menunjukkan bahwa fungsi fisik merupakan penentu umur panjang yang lebih kuat daripada indeks massa tubuh. Orang dengan indeks massa tubuh lebih tinggi tapi dengan kebugaran yang baik dapat bertahan lebih lama," jelas pemimpin penelitian dan juga seorang ahli epidemiologi klinis di University of Leicester di Inggris, dr Francesco Zaccardi, dikutip dari Health Line.



Sebaliknya, peserta dengan langkah berjalan lebih lambat memiliki harapan hidup yang lebih pendek di semua kategori BMI.

Para peneliti melaporkan, rentang hidup seorang wanita yang suka berjalan cepat adalah 87 tahun. Sedangkan wanita yang berjalan lambat rata-rata hanya 72 tahun.

Untuk pria yang suka berjalan lebih cepat rentang usianya sekitar 86 tahun, sementara yang suka berjalan lambat sekitar 65 tahun.

"Jika Anda berjalan lebih cepat, Anda sama saja melakukan kardio dengan intensitas sangat rendah. Dan jika dilakukan secara teratur, itu akan menguatkan jantung Anda," ungkap Jamie Hickey, ahli gizi bersertifikat.

Berjalan lambat saja peluang hidupnya lebih rendah, apalagi orang-orang yang jarang sekali berjalan kaki? Yuk mulai jalan kaki demi kesehatan!



Simak Video "Tak Semua Langkah Kaki Dianggap Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)
News Feed