Kamis, 04 Jul 2019 20:02 WIB

Viral Challenge Tendang Tutup Botol, Ahli Kebugaran Ingatkan Cedera Ankle

Widiya Wiyanti - detikHealth
John Mayer lakukan challenge tendang tutup botol. Foto: Screenshot Instagram @johnmayer John Mayer lakukan challenge tendang tutup botol. Foto: Screenshot Instagram @johnmayer
Jakarta - Mulai dari Jason Statham hingga John Mayer melakukan tantangan atau challenge tendang tutup botol. Viralnya aksi ini banyak diikuti netizen dengan tagar #bottlecapchallenge.

Mengingat gerakan ini cukup membutuhkan keterampilan tendangan memutar yang baik, ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko Msc, RD mengingatkan risiko cedera yang bisa dialami saat melakukan aksi tersebut.

"Hati-hati dengan ankle (pergelangan kaki), bisa cedera kalau tidak benar caranya," ujarnya kepada detikHealth, Kamis (4/7/2019).



Jansen menambahkan, gerakan ini bisa dilakukan oleh siapapun yang tidak memiliki keluhan sakit punggung maupun masalah pada pergelangan kaki. Untuk bisa melakukan gerakan ini, seseorang membutuhkan kekuatan, kelenturan, koordinasi, dan kecepatan yang baik.

Selain itu, untuk memulai sebaiknya mempelajari gerakan tendangan tanpa putaran terlebih dahulu. Kemudian mempelajari gerakan pivot atau gerakan memutar dengan berporos pada satu kaki.

"Kuncinya adalah harus mampu melakukan tendangan memutar dengan baik. Gerakan ini terlihat mudah tapi sebenarnya cukup sulit karena membutuhkan kekuatan otot kaki dan otot perut samping serta fleksibilitas perut yang baik," jelasnya.



Simak Video "Viral! Tutorial Dokter Gendong Bayi Merah yang Bikin Deg-degan"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)
News Feed