Senin, 08 Jul 2019 12:30 WIB

Senyum dan Yoga, Bikin Yorrys Raweyay Tetap Bugar di Usia Jelang 70 Tahun

Sudrajat - detikHealth
Yorrys TH Raweyai (Foto: Sudrajat/detikHealth) Yorrys TH Raweyai (Foto: Sudrajat/detikHealth)
Jakarta - Menjelang usia 70 tahun, politisi Partai Golkar Yorrys TH Raweyai Masih tampak bugar dan perlente. Gerak langkahnya saat berjalan pun masih enerjik. Rambut dan brewok yang menjadi ciri khasnya masih tampak dominan hitam. Apa rahasianya?

"Saya mensyukuri apa yang ada, dan banyak tersenyum," kata lelaki yang akrab disapa 'Bang Yorrys' mengawali percakapan. Detikhealth berbincang dengan suami dari Olga Livia itu di rumah dinas Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Widya Chandra, Kamis (4/7/2019) pagi.

Soal kulit wajah yang masih tampak kencang, dia mengaku tak melakukan perawatan khusus. Begitu juga dengan brewoknya yang terlihat rapi. "Cukup digunting sendiri saja. Emang gua cowok apaan ke salon segala," katanya diiringi tawa terbahak.



Yorrys yang lahir di Serui, Papua Barat, 28 Januari 1951 mengaku biasa melakukan yoga selama satu jam setiap kali bangun tidur. Lalu dilanjutkan dengan push-up 100 kali, dan melakukan gerakan-gerakan karate untuk menambah keringat.

"Saya sudan hampir 40 tahun menekuni yoga dan karate," kata lelaki yang akrab disapa 'Bang Yorrys' yang pernah menjadi Ketua Umum Inkado.

Untuk mengimbangi kebiasaannya mengisap asap nikotin, mantan Ketua Pemuda Pancasila itu rutin berenang dan menyelam setiap minggu. "Saya juga sebulan sekali sengaja berjalan tanpa alas kaki sejauh tiga kilometer," ujarnya.

Soal makanan, kakek empat cucu itu mengaku tidak punya pantangan. Begitu pun dengan minuman. Sebagai politisi, dia juga kerap begadang. "Ya, rata-rata tidur maksimal empat jam," ujarnya.



Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(jat/up)