Jumat, 12 Jul 2019 19:30 WIB

Bisa Cepat Ramping Lagi Usai Melahirkan, Raisa Olahraga Apa Sih?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Raisa tampak ramping meski baru saja melahirkan (Foto: Palevi S/detikFoto) Raisa tampak ramping meski baru saja melahirkan (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Penyanyi cantik Raisa Andriana mungkin baru saja melahirkan putri pertamanya pada Februari lalu. Namun warganet memuji tampilannya yang kini kembali ramping dan bugar seperti sebelum hamil.

Kepada detikHealth, Raisa membeberkan rahasia olahraga yang ia lakukan. Tiga bulan setelah melahirkan, Raisa baru kembali ke dunia kebugaran dan olahraga yang pertama kali dicobanya adalah pilates.

"Aku sih pas pertama-tama aku pilates dulu. Karena itu lebih ngebenerin, kan pas lagi hamil tuh semua pegel-pegel, semua berat, berat di tulang. Terutama aku punya lower back pain," tutur wanita berusia 29 tahun ini di markas detikcom, Jumat (12/7/2019).

Pilates menurutnya jadi olahraga terbaik bagi Raisa usai melahirkan. Karena dapat meningkatkan napas, terutama ia berencana kembali ke panggung untuk bernyanyi, dan juga mengembalikan kekuatan otot yang telah hilang.



Raisa juga telah kembali menggeluti dunia angkat beban, namun tentu saja olahraga tersebut tidak bisa ia lakukan 100 persen. Secara bertahap, Raisa hanya mengulangi gerakan-gerakan dengan repetisi yang tidak terlalu banyak.

"Badan kaku banget bekas hamil, bekas ngelahirin. Karena itu kan prone cedera jadi aku lebih fokus ke muscle memory-nya dikembaliin dulu nih, gerakan-gerakan yang bener seperti apa. Terus nanti kalau udah lama-lama baru mulai dari awal lagi," lanjutnya.

Namun ia menegaskan, bahwa kesuksesan seorang ibu setelah melahirkan bukanlah dilihat apakah dia cepat atau lama kembali ramping. Raisa lebih mengutamakan kebersamaan, kebahagiaan dengan anak, dan juga bagaimana melawan post-partum depression yang rentan menyerang ibu baru melahirkan.

Raisa juga menyebutkan bahwa kembalinya dia ke dunia olahraga tidak sebanding dengan capeknya jadi seorang ibu. Namun baginya menjadi seorang ibu merupakan momen tak tergantikan.

"Oh (lebih capek) workout with baby lah, hahaha. Dan katanya breast feeding kan juga membakar kalori, 300-400 kalori jadi itu juga jadi workout aku," pungkasnya, diikuti dengan tawa.



Simak Video "Mengenang Sutopo: Kanker, Kucing, dan Raisa"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)