Minggu, 14 Jul 2019 14:15 WIB

Pernah Keluar Masuk RS, Radit L-Men Buktikan Punya Asma Juga Bisa Sixpacks

Rosmha Widiyani - detikHealth
Asma Raditya tidak menghalangi dirinya membentuk otot. (Foto: Roshma Widiyani/detikHealth) Asma Raditya tidak menghalangi dirinya membentuk otot. (Foto: Roshma Widiyani/detikHealth)
Jakarta - Buat kamu yang punya asma, nggak perlu khawatir punya badan yang lemah atau aktivitas terbatas. Raditya Wahyu Suseno membuktikan pasien asma bisa jadi juara kontes tubuh sehat dan seksi.

"Dulu punya asma, paling nggak 1 kali setahun masuk rumah sakit. Biasanya kalau mau ujian kambuh, stres juga gitu. Tapi sejak rajin olahraga dan nerapin pola hidup sehat justru nggak kambuh lagi," kata Radit pada detikHealth.


Radit mengatakan, dia baru menerapkan gaya hidup sehat pada Oktober 2018. Hasilnya mulai terlihat setelah 3 bulan dengan tubuh yang mulai berisi. Radit kini tak perlu khawatir jika pergi tanpa membawa inhaler, atau asmanya kambuh tiba-tiba.

Menurut Radit tidak ada yang istimewa dalam olahraga atau diet sehat yang dijalaninya. Untuk olahraga, Radit memilih muay thai dan weight lifting supaya tubuh lebih berotot. Paduan keduanya terbukti sukses membentuk tubuh Radit.

"Untuk diet, aku mencoba makan lebih bersih dengan tidak terlalu banyak gula, garam, dan lemak. Apalagi aku dulu alergi dekstrosa jadi nggak bisa terlalu banyak. Makan sehat nggak harus mahal, bisa di warung pinggir jalan tapi pilih menu yang tidak digoreng dengan minim gula dan garam," kata Radit.

Selain rajin, Radit juga mengingatkan pentingnya sabar dalam menerapkan rajin olahraga dan makan sehat. Proses tersebut butuh waktu hingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan. Menurut mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia ini, hasil tidak terlihat dalam 2 bulan namun setelahnya tubuh menjadi lebih sehat dan berotot.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)