Senin, 22 Jul 2019 08:08 WIB

Sit Up Bisa Hilangkan Perut Buncit? Begini Faktanya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bisakah sit up membantu menghilangkan perut buncit? Foto: thinkstock Bisakah sit up membantu menghilangkan perut buncit? Foto: thinkstock
Jakarta - Tak sedikit orang yang menganggap bahwa latihan sit up bisa membantu menghilangkan perut buncit dan membuat perut rata. Benarkah demikian?

Dikutip dari Women's Health, pelatih kebugaran Melanie Rutherford mengatakan bahwa lemak-lemak di perut tidak bisa hilang dengan rutin latihan sit up. Menurutnya itu merupakan strategi kebugaran yang disebut keliru.

"Sit up memang bisa membuat perut padat seperti batu, tetapi sayangnya lemak perut hanya akan bergeser dan membuatmu mencari cara lain," ujarnya.

Menurut Rutherford, lemak di perut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, asupan makan tidak seimbang, kurang tidur, olahraga berlebih, dan penurunan massa otot yang biasanya dikaitkan tingkat metabolisme yang tinggi.



"Jika Anda telah berusaha keras dengan diet yang terkontrol dan olahraga secara teratur dengan campuran latihan kardio dan resistensi tetapi masih menemukan diri Anda tidak dapat menghilangkan lemak perut yang membandel, itu artinya Anda harus memerhatikan tidur Anda dan faktor stres lainnya," jelasnya.

Jika faktor kurang tidur dan stres menjadi yang utama, maka latihan sit up rutin pun akan sia-sia dalam menghilangkan perut buncit. Karena Rutherford menegaskan bahwa proporsi lemak yang lebih besar di sekitar perut dikaitkan dengan kadar kortisol (hormon stres) yang tinggi dalam tubuh.

Untuk membantu menghilangkan lemak di perut, Rutherford menyarankan untuk melakukan latihan kardio secara bervariasi. Serta latihan kekuatan dengan gerakan untuk seluruh tubuh. Cukupilah 7-9 jam tidur dalam semalam dan sebisa mungkin lakukanlah meditasi untuk merileksasikan tubuh dan pikiran.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)