Minggu, 28 Jul 2019 09:46 WIB

Rajin Olahraga Tapi Tetap Kena Kanker, Kok Bisa?

Adelia Putri - detikHealth
Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, pensiun karena kanker hidung (Foto: Lai Seng Sin/Reuters) Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, pensiun karena kanker hidung (Foto: Lai Seng Sin/Reuters)
Jakarta - Penyakit kanker sering dikaitkan dengan gaya hidup dan pola makan tidak sehat. Kenyataannya, kanker juga menyerang beberapa orang yang sehari-hari tampak sehat dan atletis.

Salah satunya dialami pebulutangkis Lee Chong Wei. Sebagai atlet profesional, gaya hidup sehatnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Kenyataannya, ia harus pensiun karena kanker hidung. Kenapa orang sesehat itu bisa kena kanker?

"Sehat kan menurut mata kita," kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, K-HOM, mengomentari anggapan 'sehat kok kena kanker'.

Menurut dr Aru, kanker dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebagian di antaranya adalah faktor bawaan yang susah dikendalikan.

"Kalau bicara soal DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) dan gen, artinya memang sudah ada kelainan atau kelemahan, sehingga ada gangguan sedikit dari luar, sudah jadi (kanker)," jelas dr Aru.



Faktor ini, menurut dr Aru menjelaskan kenapa anak-anak juga bisa kena kanker. Padahal anak-anak tentu tidak merokok, tidak banyak terpapar bahan-bahan pemicu kanker.

Namun demikian, dr Aru menyebut masih ada banyak faktor lain yang bisa dikontrol. Termasuk di antaranya adalah gaya hidup dan pola makan, yang selau diperbaiki untuk mengurangi risiko kena kanker.

"Faktor pemukulnya pada akhirnya adalah gaya hidup dan lingkungan itu tadi," tegas dr Aru.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)