Selasa, 30 Jul 2019 07:17 WIB

Round Up

Konten Vulgar Kimi Hime Vs Influencer Kebugaran yang 'Bening-bening'

Firdaus Anwar - detikHealth
Tak cuma Kimi Hime, konten vulgar lainnya di internet juga bakal diatur. (Foto: Instagram @kimi.hime) Tak cuma Kimi Hime, konten vulgar lainnya di internet juga bakal diatur. (Foto: Instagram @kimi.hime)
Jakarta - Kimberly atau populer dikenal Kimi Hime belakangan jadi sorotan karena beberapa videonya sengaja dibatasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Kimi Hime dianggap melanggar kesusilaan yang diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Kimi Hime sendiri dikenal sebagai Youtuber yang sering mengunggah video bermain game. Di kalangan netizen ia dikenal sebagai sosok yang seksi karena pilihan pakaiannya saat tampil di depan kamera.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu yang telah bertemu dengan tim hukum Kimi Hime pada Senin (29/7/2019) menyebut perlu adanya aturan lebih rinci untuk para pembuat konten. Hal ini bertujuan agar jelas apa saja yang perlu dilakukan atau sebaliknya dihindari.



Beberapa kali pria yang akrab disapa Nando ini menegaskan kalau aturan berlaku untuk semua pembuat konten. Termasuk juga para influencer kebugaran yang mungkin sering mengunggah foto atau video seksi.

Apakah aturan akan mencakup cara berpakaian, judul, atau keterangan kontennya? Menurut Nando masih akan dibahas lebih jauh.

"Setidaknya memang kalau di regulasi peraturan menteri nomor 19 tahun 2014 wewenang tata cara penanganan konten di internet, seperti apa detailnya nanti akan disampaikan di kesempatan berikutnya. Do's and don't yang harus dipahami content creator," kata Nando.

Menanggapi hal ini beberapa netizen dan pembaca detikcom memberikan komentarnya.

"Jadi kalau ada youtuber sedang senam, pakaiannya yang harus dia pakai itu jaket musim dingin? Dasar pikirannya kotor," kata pembaca dengan username Son Goku.

"Kalo berenang y pake baju renang, kalo senam y pake baju senam, lah main game kok pake baju renang? Logika aja lah...," komentar pembaca lain.

Perlukah konten kebugaran yang 'bening-bening' juga diatur Kominfo seperti halnya Kimi Hime? Bagikan pendapat di kolom komentar!



Simak Video "YouTuber Salah Satu Penyebab Anak Suka Makanan Berkalori? "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
News Feed