Jumat, 02 Agu 2019 16:00 WIB

Yang Kerap Dibawa Agung Hercules, Barbell atau Dumbbell? Kenali Bedanya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Sosok Agung Hercules semasam hidup kerap tampil dengan microphone berbentuk barbell (Foto: detikHealth) Sosok Agung Hercules semasam hidup kerap tampil dengan microphone berbentuk 'barbell' (Foto: detikHealth)
Jakarta - Semasa hidupnya, Agung Hercules kerap mengatakan, "Enggak goyang, barbel melayang". Sebenarnya, alat apa sih barbell itu? Sama-sama untuk olahraga angkat beban, apa bedanya dengan dumbbell?

Keduanya sama-sama alat bantu olahraga, yakni berfungsi sebagai beban untuk membentuk tubuh. Tapi ternyata, penyebutannya punya arti berbeda. Berikut beberapa perbedaannya.

Bahkan di pemakaman, sosok Agung Hercules tak pernah lepas dari 'barbell'. Ada yang meletakkan alat itu di makamnya.Bahkan di pemakaman, sosok Agung Hercules tak pernah lepas dari 'barbell'. Isa 'Bajaj' meletakkan alat tersebut di makamnya. Foto: Doni Indra Ramadhan/detikFoto


1. Dumbbell
Alat inilah yang biasa dibawa almarhum Agung Hercules dalam berbagai penampilan. Bentuknya terdiri atas dua beban sama berat dengan pegangan pendek. Dumbbell baik digunakan untuk pemula. Beban yang digenggam bisa memperbaiki koordinasi dan mengaktifkan serat otot.

Dumbbell juga membantu mengatasi ketidakseimbangan kekuatan pada anggota badan. Alat ini cenderung lebih aman digunakan daripada barbell, sebab bisa langsung diletakkan jika kita tak menyelesaikan repetisi atau pengulangan gerakan.

Dumbbell punya pegangan lebih pendek, umumnya cukup digenggam dengan satu tangan.Dumbbell punya pegangan lebih pendek, umumnya cukup digenggam dengan satu tangan. Foto: iStock




2. Barbell
Merupakan seperangkat alat yang terdiri dari bar atau besi panjang, dan plate atau cakram logam dengan berat tertentu. Bentuknya yang lebih besar bisa membantu orang yang ingin menambah beban dalam latihannya. Maka dari itu penggunaan barbell didahulukan sebelum berlatih dengan dumbbell.

Alat ini cocok digunakan untuk latihan pada kaki karena lebih nyaman dipakai saat melakukan squat. Selain itu, penggunaan barbell pas jika ingin latihan yang lebih bertenaga (explosive exercises) seperti power cleans dan snatches sebab menghasilkan kekuatan yang lebih besar dibandingkan dumbbell.

Barbell umumnya lebih panjang, harus dipegang dengan kedua tangan.Barbell umumnya lebih panjang, harus dipegang dengan kedua tangan. Foto: iStock




Simak Video "Jemima Djatmiko, Wanita yang Chubby jadi Bulky"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)