Sabtu, 03 Agu 2019 07:25 WIB

Perlu Tahu! 5 Tipe Barbell yang Ada di Tempat Fitness

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ada berbagai jenis barbell yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan manfaat angkat beban (Foto: Thinkstock) Ada berbagai jenis barbell yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan manfaat angkat beban (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Barbell dan dumbbell adalah dua alat berbeda yang kerap digunakan saat latihan dengan beban. Barbell, yang ukurannya lebih panjang, punya banyak jenis dengan fungsi yang berbeda.

Jika berolahraga ke gym mungkin sudah tak asing lagi menemukan alat latihan beban berikut ini. Dikutip dari Theworkoutdigest.com, ada lima macam barbell yang bisa membantu kamu membentuk tubuh.



Barbell punya pegangan lebih panjang dari dumbbell.Barbell punya pegangan lebih panjang dari dumbbell. Foto: iStock


1. Standard Weightlifting Bar
Barbell ini mempunyai diameter 1 inchi dan menjadi jenis yang paling mudah ditemukan. Barbell standar digunakan untuk squats, deadlifts, latihan kekuatan dengan barbell, dan bench presses. Harganya yang murah bisa membuat barbell jenis ini mudah berkarat. Beban terlalu berat bisa membuat tiangnya bengkok secara permanen.

2. Olympic Weightlifting Bar
Barbell olimpiade cukup mirip dengan barbell standar. Namun , ia punya diameter yang lebih besar (2 inchi) dan hanya bisa dipakai dengan beban untuk olimpiade.

Barbell ini punya tonjolan yang lebih sedikit dibandingkan barbell standar, sehingga tak merusak tangan dan sarung tangan saat mengangkat beban yang berat. Fungsi yang lebih baik dari barbell standar sayangnya harus dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain itu juga kurang cocok untuk orang-orang bertangan kecil.



Trap Bar.Trap Bar. Foto: iStock


3. Hex Bar (Trap Bar)
Bentuk barbell hex adalah heksagonal, sedangkan trap bar punya empat sisi seperti berlian. Keduanya digunakan dengan memposisikan tubuh di dalam barbell. Kelebihannya, tubuh berada di tengah gravitasi barbell, sehingga lebih aman saat mengangkat beban serta mengurangi rasa sakit pada sendi. Barbell ini cocok digunakan untuk angkat beban, squat jumps, dan pushups. Namun harganya lebih mahal dan penggunaannya terbatas.

4. EZ Curl Bar
Barbell ini punya bentuk tiang yang berkelok yang didesain untuk mengisolasi otot selama bisep mengeriting dan trisep melakukan ekstensi. Bentuk barbell juga lebih pendek dan ringan daripada barbell biasa. Pola keriting pada tiangnya juga menghindari stres pada pergelangan tangan. Meski begitu alat ini memiliki fungsi yang terbatas.

5. Tricep Bar
Biasa disebut juga dengan Swiss bar atau hammer curl bar. Barbell ini berbentuk oval dengan dua besi melintang di dalamnya. Pegang dua tiang tersebut saat melakukan latihan pada bagian tubuh atas. Barbell ini dipakai untuk skull crusher exercises, french curls, dan latihan bagian atas tubuh lainnya. Minus dari barbell ini adalah ia tidak didesain untuk membawa beban terlalu berat.

Curl Bar.Curl Bar. Foto: iStock




Simak Video "Jemima Djatmiko, Wanita yang Chubby jadi Bulky"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed