Minggu, 04 Agu 2019 16:05 WIB

Melanie Putria Berbagi Tips Atur Nutrisi Saat Olahraga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Melanie Putria (Foto: Palevi S/detikFoto) Melanie Putria (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Kuat dalam berlari tidak hanya didapatkan dengan melakukan gym saja. Melanie Putria, pelari sekaligus public figure ini menganjurkan untuk memperhatikan kondimen pendukung lainnya.

"Dalam berlari, kita tidak hanya butuh latihan dan gym saja. Hal lainnya seperti mengkonsumsi vitamin atau suplemen, nutrisi yang seimbang, istirahat yang cukup, dan asupan cairan pun harus lebih banyak dari orang yang tidak melakukan aktivitas fisik," ungkapnya saat ditemui di acara Relay Run di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (04/8/2019).

Melanie menambahkan, pelari memiliki bahan bakar dari gula atau likogen. Pelari membutuhkan asupan karbohidrat sebagai kondimen utama dan harus dengan jumlah yang cukup.



"Beda dengan orang yang lari untuk diet yang memang mengurangi karbohidrat. Pelari itu bahan bakar utamanya ya gula, jadi harus bisa mengatur pola makan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan. Tidak lupa gorengan dan lemak itu juga harus dihindari," jelasnya.

Selain itu, mantan Puteri Indonesia 2002 ini juga menganjurkan untuk berolahraga di jam-jam tertentu demi mendapatkan kondisi udara yang baik bagi tubuh serta mendapat hasil yang maksimal.

"Sangat dianjurkan itu pagi-pagi sekali seperti sebelum subuh, dimana keadaan udara masih bersih dan segar. Kalau sore, menurutku sudah kurang baik. Karena di waktu itu oksigen yang kita perlukan sudah harus terbagi dengan tumbuhan dan tingkat polusinya sudah tinggi," tutupnya.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)