Kamis, 08 Agu 2019 17:51 WIB

Rajin Olahraga Otomatis Jadi Lebih Sehat? Ternyata Tak Semudah Itu

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Atlet Profesional sekalipun mengakui, olahraga tanpa diimbangi diet yang benar maka hasilnya tidak akan maksimal (Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto) Atlet Profesional sekalipun mengakui, olahraga tanpa diimbangi diet yang benar maka hasilnya tidak akan maksimal (Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta - Gaya hidup sehat yang ditandai dengan rajin olahraga belakangan mulai ngetren. Ada bagusnya juga sih, tetapi ternyata itu saja tidak cukup bila benar-benar ingin sehat.

Bahkan seorang atlet profesional sekalipun mengatakan, olahraga bukan satu-satunya syarat untuk sehat. Ada faktor lain yang tidak kalah penting untuk diperhitungkan agar semuanya seimbang.

"Olahraga saja tidak cukup. Kita harus mulai memperhatikan pola makan hingga nutrisinya. Nah baru di lengkapi dengan olahraga ringan, mungkin bisa dari jongging di sekitar lingkungan rumah. Itu bisa digunakan untuk melatih pernapasan," kata Agus Prayogo, atlet lari jarak jauh nasional, Kamis (8/8/2019).



Hal senada juga disampaikan oleh Melanie Putria, entertainer yang juga menggeluti olahraga lari. Menurut Melanie, olahraga berlebihan tanpa diimbangi nutrisi yang tepat tidak akan memberikan hasil yang optimal.

"Kalo untuk seorang runner itu kan harus banyak konsumsi karbohidrat. Nah, kalo seseorang terutama perempuan yang biasanya mulai olahraga untuk program diet beda lagi. Justru dia akan mengurangi karbohidrat dan memperbanyak sayur, buah, hingga protein," pesan Melanie.



Simak Video "Tips Lari Menyenangkan Ala Indorunners"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)