Jumat, 09 Agu 2019 06:57 WIB

Sering 'Ngegas' di Gym? Ini 4 Penyebab Kentut Susah Ditahan Saat Olahraga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seringkali, kentut susah ditahan saat olahraga (Foto: iStock) Seringkali, kentut susah ditahan saat olahraga (Foto: iStock)
Jakarta - Saat melakukan gym, pastinya seluruh tubuh akan bergerak dan bekerja. Ternyata, setiap gerakan dan liukan badan bisa menyebabkan udara tersebut keluar.

Dikutip dari Health, Direktur Institut Gastroenterologi, dr Peyton Berookim, MD menyebutkan beberapa hal yang menyebabkan manusia buang angin saat melakukan gym seperti berikut:

1. Kontraksi otot
Setiap kita menggerakkan badan, seperti gerakan menekuk dan memutar yang secara fisik akan menekan usus dan alat pencernaan lainnya. Hal itu yang menyebabkan udara di saluran pencernaan benar-benar terdorong keluar. Terutama dalam mengangkat beban yang berat.

2. Pernapasan cepat
Menurut ahli fisiologi di Virginia, Jim White menjelaskan, ketidakmampuan seseorang untuk menghirup dan menghembuskan napas dengan benar dapat menyebabkan tingkat perut kembung lebih tinggi. Bernapas dengan cepat memaksa udara yang berlebih masuk ke dalam lambung, lalu usus, hingga mengeluarkannya lewat anus.



3. Makanan ber-gas
Hindari mengonsumsi makanan berserat tinggi sebelum nge-gym, seperti bawang, sayur-sayuran, kubis, dan kacang-kacangan, gandum, biji-bijian utuh, minuman berkarbonasi, dan alkohol.

4. Terlalu banyak minum
Ahli gizi dari Northwestern Medicine Delnor, Jenewa, Audra Wilson, RD mengatakan, jika terlalu banyak minum air dapat menyebabkan banyak juga udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Udara inilah yang akan dilepaskan melalui mulut, maupun anus.

Disarankan untuk mengonsumsi air secara berkala selama menjalankan aktivitas gym, guna mencegah terjadinya dehidrasi.



Simak Video "Masuk Angin? Jangan Suka Dikerok!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed