Sabtu, 10 Agu 2019 14:08 WIB

Ingin Badan Semakin Kencang? Tinju adalah Olahraga yang Tepat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi tinju (Foto: Rachman Haryanto) Ilustrasi tinju (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Banyak orang memilih lari sebagai olahraga terbaik untuk tubuh yang kuat, kencang dan bugar. Namun apakah kamu tahu bahwa ada olahraga lain seperti tinju yang punya manfaat lebih baik untuk mencapai tubuh idaman tersebut?

Tinju memang tak sepopuler lari, namun olahraga ini tepat bagi kamu yang ingin mengencangkan tubuh, membangun massa otot, dan juga mencapai berat badan ideal. Walau tak mudah melakukannya dengan benar, namun dengan kesabaran akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Olahraga tinju secara konsisten selama satu jam bisa membantu membakar banyak kalori. Jika kamu ingin mengencangkan perut dan juga lemak yang membandel di sekitarnya, maka tinju sangat cocok untukmu.



Berapa kalori yang dibakar? Semuanya bergantung pada intensitas olahraga dan bobotmu. Menurut studi yang dilakukan oleh Harvard Health, seseorang dengan berat 83 kg akan membakar sekitar 444 kalori dalam 30 menit sesi tinju. Maka dalam satu jam, seseorang bisa membakar hingga 900 kalori.

"Tinju bisa membantu mengencangkan tubuh dan membangun otot, yang diimpikan para penjaga bobot ideal. Latihan tinju membantu membangun massa otot, mendorong metabolisme dan tubuh untuk menurunkan bobot lebih cepat. Apalagi (tinju) juga merupakan latihan kardio yang berarti dapat membantu mengencangkan tubuh lebih cepat pula dari berbagai olahraga lainnya," tulis situs Times of India.

Tak hanya bagi fisik, tinju juga baik untuk kesehatan mental karena bisa berguna sebagai pelepas stres dan pemberi tantangan atau motivasi. Jika kamu ingin memulai olahrgaa tinju, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pelatih.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)