Senin, 09 Sep 2019 21:06 WIB

Kalahkan Serena Williams, Juara AS Open Bianca Andreescu Rajin Meditasi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Bianca Andreescu (Foto: Clive Brunskill/Getty Images) Bianca Andreescu (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta - Bianca Andreescu menjadi fenomena, setelah remaja 19 tahun tersebut mengalahkan Serena Williams. Andreescu berhasil menjadi juara Amerika Serikat Terbuka pada Minggu (8/9/2019) dini hari.

Selain kesuksesannya, sosok petenis asal Kanada tersebut di lapangan menjadi sorotan. Dikutip dari India Today, Andreescu terlihat sangat fokus dan dingin seperti timun. Menurut Andreescu, dia berusaha mengontrol pikirannya saat berkompetisi.

"Menurut saya, jika bisa mengontrol pikiran maka kita bisa mengawasi banyak hal. Saya mampu menghalangi masuknya segala hal yang bisa merusak pikiran selama kompetisi dengan baik," kata Andreescu yang berdarah Rumania.



Menurut Andreescu, kemampuan tersebut sangat berguna saat berada di kompetisi dan panggung yang besar. Kemampuan tersebut memudahkan Andreescu terus berada di zona yang memungkinkannya tetap tenang, hingga mendapat hasil terbaik dari kompetisi.

Dikutip dari situs Women's Tennis Association (WTA), Adreescu rutin yoga dan meditasi untuk memperbaiki kondisi mentalnya jelang pertandingan besar. Dia mengenal yoga dari ibunya saat berusia 12 tahun dan sejak saat itu rutin melakukannya. Setiap pagi Andreescu yoga selama 15 menit untuk membantu tubuh dan pikirannya lebih fokus.

"Saya tidak hanya memperbaiki fisik, karena kondisi mental juga sangat penting. Hasilnya bisa terlihat dari pertandingan yang telah dilakukan. Saya bisa fokus dengan kondisi yang dihadapi, tanpa terlalu khawatir pada hasil kompetisi," kata Andreescu.



Andreescu memilih bentuk meditasi yang disebut creative visualization. Meditasi ini adalah latihan pikiran yang mengimajinasikan visual dari tujuan yang hendak dicapai. Imajinasi lebih fokus pada visual Andreescu saat tenang, bukan ketika menang dalam kompetisi.

Dengan latihan mental Andreescu berhasil fokus, tenang, dan mengumpulkan pikirannya yang berserakan jelang pertandingan. Meditasi menjadi hal pertama yang dilakukan Anreescu saat bangun tidur. Menurut Andreescu, memulai aktivitas dengan meditasi membantunya menjalani hari tanpa merasa punya beban.



Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)