Selasa, 10 Sep 2019 07:07 WIB

3 Penyebab Sakit Perut Sehabis Olahraga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penyebab sakit perut usai berolahraga (Foto: thinkstock) Penyebab sakit perut usai berolahraga (Foto: thinkstock)
Jakarta - Berolahraga merupakan kegiatan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, berolahraga juga digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan, menaikkan massa otot, hingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Namun, seringkali berolahraga dapat menimbulkan efek samping pada tubuh. Misalnya seperti pegal-pegal, kram pada otot, dan lain sebagainya. Dikutip dari Times of India, setelah berolahraga seseorang seringkali mengalami sakit pada perutnya. Berikut ini menjadi tiga alasan yang membuat perut sakit setelah berolahraga.



1. Mulas dan refluks

Seseorang yang memiliki riwayat Gastroesophageal reflux (GERD) seringkali mengeluh merasa mulas atau sakit perut. Hal ini terjadi karena aliran asam yang dikandung dalam lambung mengalir ke kerongkongan. Beberapa gerakan latihan dalam berolahraga dapat memperburuk gejala GERD dan memicu rasa mulas. Terkadang, orang yang tidak memiliki riwayat GERD juga dapat mengalami sakit maag pasca latihan, karena aliran asam dari lambung. Berolahraga seperti jogging, aerobik, dan memutar otot perut dapat mengocok perut dan menyebabkan mulas atau refluks.

2. Dehidrasi

Setelah menjalani sesi olahraga yang cukup ketat dan menguras tenaga, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Keadaan ini dapat memperlambat laju makanan yang melewati tubuh. Gerakan makanan yang lambat di saluran pencernaan, membuat tubuh akan lebih banyak menyerap air. Ini dapat menyebabkan pencernaan makanan menjadi lambat dan membuat perut sakit karena gangguan pencernaan.

3. Berolahraga setelah makan

Berolahraga dengan kondisi perut yang penuh dapat menimbulkan masalah terkait perut. Jika berolahraga setelah makan, tubuh akan bingung. Alasan ini lebih berpengaruh pada otot-otot yang ada pada tubuh dan membuat perut terasa berat dan kembung. Sebaiknya, berikan rentan waktu sebanyak dua jam antara waktu makan dan berolahraga untuk mencegah rasa sakit pada perut.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)