Rabu, 18 Sep 2019 05:30 WIB

Olahraga Simpel di Pagi Hari untuk Cegah Serangan Jantung

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sesimpel jalan kaki sudah bisa menjaga kesehatan jantung (Foto: thinkstock) Sesimpel jalan kaki sudah bisa menjaga kesehatan jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta - Riset terbaru menunjukkan bahwa untuk menjaga jantung tetap sehat kamu tak perlu datang ke gym, namun aktivitas fisik apapun bisa termasuk berjalan kaki dan bahkan berdiri. Studi yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) menyebutkan bahwa duduk lebih dari 9,5 jam bisa meningkatkan risiko mati muda apabila tidak disertai dengan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik memang telah diketahui sejak lama bahwa bisa memperpanjang usia, namun dalam studi ini disebutkan semua aktivitas fisik dengan intensitas paling rendah sekalipun bisa membantu mencegah serangan jantung.



Dikutip dari Independent, para peneliti dalam studi tersebut membandingkan aktivitas ringan seperti berjalan pelan, atau kegiatan sehari-hari seperti memasak atau mencuci piring. Kemudian aktivitas sedang, termasuk berjalan cepat atau mengepel dan aktivitas berat seperti jogging, membawa beban berat atau menggali.

"Ditemukan bahwa aktivitas fisik apapun intensitasnya, terkait dengan penurunan risiko kematian dini. Penurunan terbesar dalam risiko kematian (sekitar 60-70 persen) ada di antara yang tidak terlalu aktif sampai peserta yang sangat aktif," tulis studi tersebut.

Para peneliti menyarankan untuk segera mengampanyekan agar 'sedikit duduk dan bergerak semakin banyak dan semakin sering'. Hal ini juga berkaitan dengan peringatan dari pemerintah Inggris bahwa empat dari lima orang memiliki risiko mati muda akibat serangan jantung maupun stroke.

Bersepeda juga bisa menjadi salah satu olahraga pilihan dalam menjaga jantung sehat. Ikuti Jakarta Heart Bike 2019 dengan cara klik di sini dan sehatkan jantung bersama-sama!



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)