Kamis, 19 Sep 2019 07:30 WIB

Betis Besar karena Lemak atau Otot? Bisa Dibedakan dengan Tes Cubit

Michelle Natasya - detikHealth
Betis besar karena lemak atau otot bisa dibedakan dengan tes sederhana. (Foto: thinkstock) Betis besar karena lemak atau otot bisa dibedakan dengan tes sederhana. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Aktris Vanessa Angel atau VA selalu menjadi sorotan publik sejak keluar dari bui. Baru-baru ini, salah satu netizen dengan akun @syahdatalyy berkomentar di salah satu unggahan VA. Ia mengatakan bahwa betis Vanessa Angel terlihat besar.

Aktris kontroversial Vanessa Angel kembali bikin sensasi, kali ini setelah menanggapi komentar netizen. Seorang netizen sebelumnya berkomentar tentang betis Vanessa yang dinilainya cukup besar.

dr Michael Triangto, SpKO, spesialis dokter kesehatan olahraga menjelaskan bahwa betis seseorang itu terdiri dari tulang kering, fibula, otot, sedikit lemak, dan kulit. Yang sering jadi persoalan, betis besar bisa terjadi karena dua hal. Besar karena otot betis yang terlatih, atau timbunan lemak terlalu banyak.

"Bisa dicek. Caranya cubit kulit betis, kalau susah berarti lemaknya sedikit (otot besar). Kalau gampang berarti lemaknya banyak," katanya.


Olahraga memang bisa membuat ukuran betis menjadi lebih kecil. Tapi, kalau otot sudah besar dan latihan yang dipilih tidak tepat, maka dapat membuat betis menjadi lebih besar. Dengan demikian, harus berhati-hati dalam pemilihan latihan.

"Kalau otot kendor itu kita bisa cubit kulit dengan mudah. Kalau tidak bisa dicubit, berarti latihan itu tidak boleh full karena otot bisa makin besar dan harus disertai dengan diet," jelas dokter Michael pada detikHealth, Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, betis yang besar karena otot besar harus dibarengi dengan diet untuk membuat otot tidak terlalu kencang. Kalau betis besar karena lemak, bisa hanya dengan latihan saja tanpa diet.

Untuk menilai keberhasilan, dokter berpesan tidak bisa hanya dengan melihat, tapi harus melalui pengukuran. Jadi, sebelum latihan lakukan pengukuran pada lingkar betis. Kemudian, setelah latihan selama 2 minggu lingkar betis diukur lagi. Dengan begitu, kita dapat menilai apakah latihan yang dilakukan memberikan dampak positif atau tidak.



Simak Video "Mau Punya Otot Perut Seperti Diva? Ini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)