Selasa, 24 Sep 2019 05:04 WIB

6 Rekomendasi Olahraga Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bersepeda termasuk olahraga yang ramah jantung (Foto: Matthew Lloyd/Getty Images) Bersepeda termasuk olahraga yang ramah jantung (Foto: Matthew Lloyd/Getty Images)
Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib kita lakukan agar berumur panjang dan bisa beraktivitas optimal. Agar tubuh sehat, kita juga harus menjaga kesehatan organ-organ vital tubuh, salah satunya jantung.

Jantung merupakan organ vital yang membantu memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung tak dapat berfungsi dengan baik, maka organ tubuh lainnya akan terdampak karena tidak mendapatkan suplai darah yang semestinya.

Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 olahraga terbaik:



1. Circuit training

Gerakan apapun lebih baik daripada duduk diam soal menyehatkan jantung, dan salah satu olahraga terbaik untuki meningkatkan kebugaran kardiovaskular adalah latihan sirkuit atau circuit training. Saat kita berolahraga dengan instensitas tinggi, darah akan terpompa sangat keras dan akan membuat dinding arteri lebih lentur. Berganti-ganti olahraga bagian atas dan bawah tubuh untuk mencapai maksimal, namun berhati-hati jaga olahragamu agar tidak terlalu keras.

2. Berenang

Berenang sangat baik untuk kesehatan jantung, baik ahli maupun tidak, bergerak di dalam air setidaknya bolak-balik selama 8-12 kali bisa membantu jantung lebih sehat. Jika kamu tak pandai berenang, pilihlah papan untuk membantu kamu bergerak lebih enak di dalam kolam.

3. Angkat beban

Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa olahraga angkat beban justru bisa memberi beban besar bagi jantung dan tidak cocok untuk menyehatkan jantung. Justru, olahraga angkat beban sangat baik bagi kesehatan jantung dan juga tulang. Tak perlu menggunakan beban, kita juga bisa menggunakan bobot sendiri misalnya seperti push up.



4. Lari

Lari sudah menjadi olahraga terfavorit di zaman kini, karena lari juga memiliki efek yang sangat baik begi kebugaran jantung. Jika tak terbiasa lari, kamu bisa memulainya dengan jogging selama 15 menit terlebih dahulu. Lalu tambah waktu dan jarak, hingga mampu menyelesaikan jarak dan waktu sesuai dengan kemampuan. Lari bisa membakar glikogen atau karbohidrat yang tersimpan di otot. Jangan lupa untuk memulihkan tubuh usai berlari.

5. Yoga

Tak perlu berolahraga dengan intensitas tinggi, yoga dengan intensitas rendah juga bisa membantu menyehatkan jantung. Yoga sangat baik untuk mengencangkan dan mengiatkan otot. Misalnya Bikram Yoga, salah satu tipe yoga yang bisa membantu mengatur denyut jantung untuk membantunya berfungsi lebih baik.

6. Bersepeda

Bersepeda secara rutin bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, menurut studi yang dilakukan British Medical Association. Dalam studi ni disebutkan bahwa bersepeda sejauh 32 kilometer daalam seminggu bisa menurunkan potensi timbulnya penyakit jantung sebesar 50 persen.

Bersepeda menggunakan banyak kelompok otot di kaki untuk menaikkan denyut jantung, yang tak hanya menyehatkan jantung namun juga membakar kalori dan bahkan disebut bisa meningkatkan kesehatan mental.

Apakah kamu rutin bersepeda dan ingin lebih menyehatkan jantung? Jangan lupa berpartisipasi pada acara Jakarta Heart Bike 2019 yang diadakan oleh Yayasan Jantung Indonesia pada 29 September mendatang di tiga kota, Jakarta Palembang, dan Tanjung Pinang.

Ketua Penyelenggara Jakarta Heart Bike 2019, Mela Sabina mengatakan bahwa kegiatan fun bike ini merupakan sarana yang penting dan menyenangkan untuk mempromosikan gaya hidup sehat. Hal ini untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah melalui olahraga rutin bagi masyarakat.

Selain itu, dalam perayaan Hari Jantung Sedunia ini YJI juga mengadakan rangkaian kegiatan kampanye bertajuk "Road To World Heart Day". Kegiatan diawali dengan peluncuran kampanye I Heart My Heart yang menyasar generasi millenial agar mereka semakin sadar untuk memulai gaya hidup sehat sejak dini demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)