Selasa, 24 Sep 2019 07:01 WIB

Jadi Gampang Lapar Setelah Olahraga, Mungkin Ini Sebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Olahraga tertentu seperti lari bikin cepat terasa lapar (Foto: iStock) Olahraga tertentu seperti lari bikin cepat terasa lapar (Foto: iStock)
Jakarta - Berlari menjadi olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, tidak menguras biaya dan bisa dilakukan di mana saja. Selain mudah dilakukan, berlari juga memiliki banyak manfaat kesehatan, baik untuk jantung ataupun penyakit lainnya.

Namun, sebagian orang kerap meras lapar setelah berlari, sehingga memicu kita untuk makan dengan porsi yang cenderung lebih banyak dari biasanya.

Dikutip dari Times of India, alasan ini mungkin bisa jadi penyebab dari munculnya rasa lapar setelah berlari.



1. Tidak cukup makan

Munculnya rasa lapar setelah berlari biasanya dirasakan oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Kalori dalam tubuh telah terkikis karena diet yang dijalani. Dengan berlari, pembakaran kalori kembali terjadi hingga merangsang rasa lapar itu muncul.

2. Dehidrasi

Sejumlah orang masih bingung dengan rasa lapar dan haus yang datang bersamaan. Orang-orang yang mengalami ini akan mengabaikan rasa haus yang sebenarnya harus segera diatasi agar tidak menyebabkan dehidrasi. Mengatasi lapar dengan banyak minum juga ternyata suatu kesalahan. Mulai sekarang, belajarlah membedakan rasa haus akan air dan lapar yang membutuhkan asupan makanan.

3. Membakar kalori

Berlari merupakan olahraga yang cukup banyak membakar kalori. Membakar kalori sangat berhubungan dengan rasa lapar. Jadi, saat banyak kalori yang terbakar, rasa lapar akan cenderung meningkat dan ingin segera diatasi.

4. Rasa lapar secara psikologis

Sebagian orang pernah berasumsi 'jika makan banyak, harus diimbangi dengan berlari yang banyak juga'. Ini adalah kesalahan yang besar. Cukup makan saat tubuh merasa lapar dan jangan mengukur rasa lapar dengan seberapa lama kita berlari.

5. Rasa lapar sesuai dengan jumlah lama berlari

Berlari, menjadi bentuk olahraga yang sangat kuat dan membakar banyak kalori, sehingga membuat kita merasa lapar. Tetapi kasusnya tidak sama untuk semua orang di setiap latihan yang dijalaninya. Misalnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa latihan seperti HIIT pendek, akan mampu menekan rasa lapar.



Simak Video "Tips Lari Menyenangkan Ala Indorunners"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)