Senin, 30 Sep 2019 10:05 WIB

Tak hanya Sehat untuk Jantung, Bersepeda Bisa Jadi Obat Awet Muda

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Mikha Tambayong gowes sepeda di Jakarta Heart Bike. (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth) Mikha Tambayong gowes sepeda di Jakarta Heart Bike. (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth)
Jakarta - Bersepeda kini jadi olahraga yang diminati banyak orang. Ini terlihat dari pengguna sepeda yang semakin banyak pada Car Free Day (CFD) ataupun saat pagi dan sore hari di lingkungan tempat tinggal kita.

Hal ini juga rutin dilakukan oleh dua ibu rumah tangga Candra (53) dan Aris (52). Menurut mereka, bersepeda punya banyak manfaat, terlebih untuk jantung.

"Kalo rutin ya, mungkin dijalani dua kali dalam seminggu memang bagus banget buat jantung. Aku sih biasanya Sabtu-Minggu," kata Candra pada detikcom, Minggu (29/9/2019).

"Aku biasanya pas Minggu aja, tapi rutin tuh tiap minggunya. Ya kalau nggak pagi, ya sore," imbuh Aris.


Selain untuk jantung, keduanya mengatakan bersepeda juga memberikan manfaat agar lebih sehat dan menjadi resep muda. Menurut Candra dan Aris olahraga ini bisa melatih pernapasan dan mengencangkan otot yang ada di tubuh.

"Resep awet muda? makanya ajak mamanya atau siapapun buat bersepeda dong, biar sehat dan bisa awet muda. Apalagi olahraga ini sudah mudah, murah lagi," ujar Aris.

Manfaat lainnya juga bisa didapatkan dari bersepeda, seperti yang dikutip dari Livestrong, antara lain:

1. Membentuk tubuh dan menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis, dan panggul. Selain itu mengurangi lemak yang diganti menjadi otot.

2. Membantu mengurangi selulit di paha dan stres di daerah lutut serta pergelangan kaki.

3. Melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke seluruh otot yang ada di tubuh.

4. Meningkatkan perlindungan tubuh terhadap penyakit seperti diabetes, karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.

5. Mengurangi kadar stres dan membuat terlihat lebih muda.

6. Baik untuk kesehatan kardiovaskular (jantung) hingga menurunkan risiko penyakit jantung koroner.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)