Minggu, 06 Okt 2019 10:24 WIB

Tentang Dislokasi Siku, Cedera Horor yang Dialami Hugo Lloris

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Hugo Lloris mengalami dislokasi siku (Foto: Reuters/Andrew Couldridge) Hugo Lloris mengalami dislokasi siku (Foto: Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta - Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, mengalami cedera horor saat timnya ditumbangkan Brighton & Hove Albion 3-0. Ia jatuh dengan tumpuan yang salah dan mengalami dislokasi elbow atau siku.

Dikutip dari Mayo Clinic, dislokasi siku terjadi ketika tulang-tulang di lengan atau maupun bawah, bergeser dari tempat yang seharusnya. Jatuh merupakan penyebab paling umum terjadinya dislokasi siku.

Beberapa hal yang penting diketahui tentang dislokasi siku antara lain sebagai berikut:



1. Penyebab
Penyebab dislokasi siku atau elbow dislocation umumnya adalah jatuh dengan kedua tangan terbuka. Namun cedera traumatis lainnya seperti tabrakan juga bisa memicu dislokasi siku.

2. Gejala
Nyeri hebat di siku, bengkak, dan ketidakmampuan menekuk lengan adalah beberapa gejala dislokasi siku. Dalam kasus tertentu, seseorang bisa juga tidak merasakan lengan yang mengalami dislokasi. Ada banyak saraf dan pembuluh darah di lokasi tersebut, yang mungkin saja ikut cedera.

3. Pertolongan pertama
Dianjurkan untuk sesegera mungkin mencari pertolongan medis di rumah sakit bila tidak bisa menggerakkan lengan, nyeri hebat, tidak merasakan lengan, atau bahkan kehilangan denyut nadi di lengan.

4. Pemeriksaan
Di rumah sakit, dokter akan memeriksa kerusakan pada saraf dan pembuluh darah. Selain itu, pemeriksaan sinar X juga dilakukan untuk memastikan kondisi dislokasi yang terjadi.

5. Pencegahan
Jangan jatuh dengan tangan direntangkan penuh. Kalau memungkinkan, jangan jatuh sama sekali.



Simak Video "Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)