Jumat, 11 Okt 2019 09:35 WIB

Bincang Sehat

Olahraga 30 Menit Bisa Memperkuat Jantung, Ini Perubahan yang Terjadi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Olahraga yang baik bagi jantung adalah olahraga yang normal-normal saja (Foto: 20detik) Olahraga yang baik bagi jantung adalah olahraga yang normal-normal saja (Foto: 20detik)
Jakarta - Banyak orang jadi rajin olahraga ketika punya tujuan tertentu, misalnya menurunkan berat badan. Padahal, manfaat olahraga jauh lebih luas lagi.

Ahli jantung dr Vito A Damay, SpJP dari RS Siloam Karawaci menjelaskan, sekurangnya ada 3 hal yang dialami tubuh ketika rutin berolahraga 30 menit sehari.

Manfaat pertama memang berhubungan dengan berat badan, karena olahraga maupun aktivitas fisik lainnya efektif membakar kelebihan lemak di dalam tubuh. Tidak salah jika olahraga sering dijadikan pelengkap diet.

Manfaat kedua, olahraga juga bisa melancarkan sirkulasi atau peredaran darah. Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah lebih deras sehingga makin terlatih mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.

Manfaat ketiga yang tidak boleh diabaikan adalah untuk membentuk pembuluh darah baru. Menurut dr Vito, terbentuknya pembuluh darah baru saat olahraga akan dapat mengurangi risiko serangan jantung yang lebih fatal.



Lalu berapa lama sebaiknya berolahraga? Simak selengkapnya dalam video Bincang Sehat berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)