Jumat, 11 Okt 2019 10:33 WIB

Bincang Sehat

Serangan Jantung Saat Olahraga, Kenapa Bisa Terjadi? Ini Kata Dokter

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kematian akibat serangan jantung sering terjadi usai olahraga (Foto: iStock) Kematian akibat serangan jantung sering terjadi usai olahraga (Foto: iStock)
Jakarta - Banyaknya kasus serangan jantung yang terjadi ketika sedang olahraga tampaknya membuat banyak orang ketakutan. Alhasil jadi takut olahraga, dan akhirnya kesehatan jantung tidak terjaga.

Ahli jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, mengatakan pada prinsipnya olahraga justru baik untuk jantung. Terjadinya serangan jantung ketika sedang berolahraga, menurutnya bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan.

Pertama, ada latar belakang penyakit yang tidak diketahui karena tidak pernah periksa. Menurutnya, banyak orang merasa sehat-sehat saja sehingga tidak periksa, tetapi ternyata mengidap penyakit tertentu yang memicu penyumbatan pembuluh darah.

"Ada penyakit yang nggak bisa diketahui hanya dengan keluhan saja, harus dengan check up dulu," kata dr Vito.



Kemungkinan lain adalah kebiasaan merokok. Menurut dr Vito, tidak sedikit orang yang rajin olahraga tetapi kesehatan jantung dan pembuluh darahnya tidak terjaga karena kebiasaan buruk seperti merokok.

Seperti apa pengaruhnya? Selengkapnya bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut:


[Gambas:Video 20detik]



(up/up)