Jumat, 11 Okt 2019 11:08 WIB

Berolahraga Dua Kali Sehari, Sehat atau Malah Berbahaya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Berolahraga dua kali sehari, lebih sehat atau malah berbahaya ya? Foto: iStock Berolahraga dua kali sehari, lebih sehat atau malah berbahaya ya? Foto: iStock
Jakarta - Tak perlu diperdebatkan lagi bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan. Beberapa orang melakukannya hingga dua kali sehari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun apakah hal itu menyehatkan atau malah sebaliknya?

Berolahraga secara rutin memang bisa membuat tubuh sehat, akan tetapi jika kamu melakukannya secara berlebihan justru malah akan mendapatkan efek yang berkebalikan. Terlalu berlebihan sangat tidak disarankan, biasanya berolahraga yang dilakukan lebih dari sekali dilakukan oleh para atlet olahraga tertentu atau ketika menjelang kompetisi sehingga bisa tetap melatih beberapa bagian berbeda di tubuhnya dalam sehari.

"Jika kamu bukan profesional, memaksa tubuhmu melakukan olahraga hingga dua kali sampai melakukan beberapa tipe latihan yang berbeda dalam satu hari bukanlah ide yang bagus," demikian menurut situs Times of India.


Agar olahraga yang kita lakukan tetap membawa manfaat agar tubuh bugar dan sehat, lakukan olahraga dengan benar. Masalah terbesar dari melakukan olahraga dua kali dalam sehari adalah membuatmu berisiko besar mengalami bahaya serius pada sistem neuromuscular atau saraf dan otot.

Ini berarti meningkatkan risiko cedera, mengganggu pola tidur, dan menekan sistem imun kita. Berolahraga terlalu keras bisa merusak tubuh karena tak mendapatkan waktu yang cukup untuk pemulihan antara waktu olahraga.

Akan tetap apabila kamu tetap ingin mencoba untuk berolahraga dua kali sehari, sebaiknya pilih olahraga low impact seperti yoga. Dan jangan jadikan kebiasaan atau rutinitias, mungkin bisa dijadikan variasi berolahraga.

Contohnya, jika kamu berolahraga HIIT di pagi hari, maka kamu bisa melakukan yoga atau jogging di sore hari. Jangan lupakan untuk memberi waktu yang cukup bagi tubuhmu untuk pulih sehingga kamu tetap bisa menjaga keseimbangan yang baik.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)