Minggu, 20 Okt 2019 10:01 WIB

Yoga dengan Kursi, Alternatif bagi Pengidap Osteoporosis

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Variasi yoga bagi pengidap osteoporosis (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth) Variasi yoga bagi pengidap osteoporosis (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth)
Jakarta - Selama ini yoga dikenal sebagai olahraga yang menggunakan matras sebagai alasnya. Kini ada yoga yang memanfaatkan kursi sebagai alat bantunya.

Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang terkena osteoporosis, gerakan yoga dengan matras dapat membahayakan tulang, apalagi bila terjatuh. Yoga dengan kursi bisa menjadi alternatif mereka yang ingin tetap sehat.

Instruktur yoga dan juga penulis buku 'Tetap Sehat dengan Yoga' Astrid Amalia mempraktikkan yoga bangku karena disesuaikan dengan beberapa kliennya yang menderita osteoporosis.

"Pake kursi memang aman. Kebanyakan saya ngajar yoga pakai kursi. Yoga dapat dilakukan di tanah, di matras, itu emang basic yoga yang dikenalkan sejak dulu. Tapi saya punya pola pikir, saya tidak ingin yoga dilakukan hanya ketika orang-orang mau yoga, tapi everyday," katanya dalam sebuah talkshow pada Rabu (16/10/2019) lalu.

Diklaim aman bagi lutut dan persendian.Diklaim aman bagi lutut dan persendian. Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth


Bangku merupakan salah satu benda yang mudah ditemui di mana saja, sehingga dapat menjadi alat bantu yoga yang tepat.

"Kalau sudah kena osteoporosis, saya tidak mau Anda melukai lutut Anda, siku, bahu. Kalau asal, jatuh, bisa berbahaya. Akhirnya saya suruh yoganya pakai bangku. Kalau nge-plank pakai bangku, lutut aman," imbuhnya.

Yoga dengan bangku bukan hanya baik untuk sendi dan tulang pada orang yang menderita osteoporosis, tetapi juga dapat memperbaki postur tubuh. Sebab, kursi atau bangku akan mengoptimalkan sikap tegak yang diajarkan dalam yoga.



Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)