Senin, 21 Okt 2019 07:31 WIB

Hari Senin Bikin Stres? Tenangkan Pikiran dengan 'Yoga Kursi'

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Yoga kursi untuk atasi stres. Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth Yoga kursi untuk atasi stres. Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth
Jakarta - Rasa marah dan sedih biasa dialami setiap orang. Bisa jadi emosi itu terpupuk dan menjadi stres. Yoga, adalah salah satu olahraga yang mampu menjaga tubuh tetap sehat sekaligus menjaga kestabilan emosi tubuh.

"Yoga bisa bantu pola pikir kita jadi sehat dan yoga itu bagusnya adalah (bisa) mengendalikan emosi," kata instruktur yoga Astrid Amalia, ditemui di Jakarta Selatan baru-baru ini.

Penulis buku 'Tetap Sehat dengan Yoga' tersebut juga bercerita bahwa dirinya yang sempat cedera kepala karena kecelakaan, cepat sembuh karena rutin berlatih yoga. Menurutnya kalau stres dan tidak dialihkan dengan yoga, proses sembuhnya akan lebih lama.



"Yoga itu kayak kalau terima (keadaannya), ya sudah. Rileks. Kesembuhan itu terhambat karena stres," imbuh Astrid.

Dia sering mengajar yoga dengan alat bantu kursi atau bangku untuk memudahkan mereka yang tak bisa yoga menggunakan matras. Olah napas dengan baik--yang dilakukan dengan diafragma dan melalui hidung--dapat dilakukan dengan duduk bersila di atas bangku, bahu bersandar ke sandaran kursi, dan dua telapak tangan terbuka di atas paha.



Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)