Rabu, 23 Okt 2019 05:30 WIB

Bangun Pagi Rasanya Letih, Olahraga Biar Segar atau Lanjut Tidur Lagi?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jakarta - Bangun pagi ini terasa lelah dan tak ada energi bahkan untuk sekedar bangun dari tempat tidur. Bahkan, rutinitas olahraga yang biasa kamu lakukan terasa berat, bisa jadi karena kamu begadang atau memang sedang kelewat lelah.

Lalu muncul pertanyaan, sebaiknya berolahraga atau lanjut tidur saja? Beberapa pakar dalam situs Times of India menyebut sebelum memilih, penting untuk memahami kaitan antara tidur dan olahraga.

"Kita semua tahu bahwa faktanya kurang tidur bisa membuatmu terasa lelah, mudah marah, dan membuatmu ingin mengonsumsi makanan tak sehat. Di luar hal tersebut, itu juga bisa berdampak pada performa harianmu," tulis situs tersebut.



Ada beberapa hal yang bisa terjadi apabila kamu tetap berolahraga saat terbangun lelah pagi ini. Seperti kurang tidur akan membuatmu merasa malas dan tak termotivasi untuk melakukan aktivitas biasa, kemudian bisa membuatmu mudah marah dan tak akan mampu berkonsentrasi saat olahraga.

Selanjutnya, konsentrasimu bisa terganggu dan akan cenderung mengalami cedera saat berolahraga. Kurang tidur juga mengindikasikan bahwa tubuhmu membutuhkan istirahat dan jika kamu tetap memaksakan olahraga, justru malah bisa mencederai otot lebih parah.

Dan jika kamu merasa sangat-sangat lelah dan lebih terasa ingin tidur sedikit lebih lama, maka hal tersebut tak akan menjadi masalah. Namun jangan jadikan hal ini kebiasaan, maka hindari begadang dan jika kamu melewatkan sesi olahraga pagimu, coba kompensasikan dengan berolahraga di malam hari, atau melakukan olahraga-olahraga kecil dan ringan seperti berjalan atau yoga.



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)