Sabtu, 26 Okt 2019 07:06 WIB

Olahraga Ini 10 Menit Saja usai Bangun Tidur Bisa Sehatkan Otak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi jalan kaki bisa sehatkan otak. Foto: thinkstock Ilustrasi jalan kaki bisa sehatkan otak. Foto: thinkstock
Jakarta - Mungkin kamu punya rutinitas olahraga pagi, atau mungkin kamu belum punya rencana olahraga sama sekali. Namun studi satu ini akan membuatmu semangat berolahraga setiap bangun tidur, bahkan hanya butuh 10 menit saja.

Manfaatnya? Bisa menyehatkan otak. Penyakit degenerasi otak seperti Alzheimer's dan demensia sedang menjadi pembahasan yang akan muncul saat kita jarang berolahraga di usia muda.

Menurut sebuah studi yang menganalisis data dari 2.700 peserta yang dilaksanakan oleh para peneliti Boston University Medical Center menilai aktivitas fisik dan juga kemampuan berpikir, berencana, memori, dan pengingat kata-kata. Hasil menunjukkan hanya 10 hingga 21 menit per hari melakukan aktivitas fisik yang sedang hingga berat dan berdampak pada memori verbal yang lebih baik.



Tak perlu bermarathon atau bersepeda 30 kilometer lainnya tiap hari, hanya berjalan saja juga bisa. Beberapa studi menyebutkan berjalan kaki memiliki kaitan dengan fungsi otak yang lebih baik, seperti kecepatan berjalan, lebar langkah, waktu dan macam-macam pola berjalan bisa mencegah demensia.

Dari keseluruhan hasil studi-studi tersebut, dikombinasikan dengan pengubahan pola makan dan gaya hidup menjelaskan bahwa adanya koneksi antara gerakan fisik dan otak, baik pada maksud untuk mencegah penyakit maupun mencegahnya muncul.

Masih dibutuhkan banyak riset untuk memahami detail dari kaitan hubungan ini, namun beberapa studi ini mengungkapkan ke depannya, gaya berjalan dan rutinitas berpotensi bisa menjadi pencegah beberapa jenis demensia.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)