Sabtu, 26 Okt 2019 11:37 WIB

Cuaca Sedang Panas-panasnya, Dokter Sarankan Atur Waktu Olahraga

Michelle Natasya - detikHealth
Ilustrasi olahraga di cuaca yang sedang panas-panasnya. Foto: Thinkstock Ilustrasi olahraga di cuaca yang sedang panas-panasnya. Foto: Thinkstock
Jakarta - Suhu panas sedang melanda beberapa wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca panas masih akan dirasakan sampai akhir Oktober. Cuaca yang sedang panas-panasnya ini membuat sebagian orang jadi ragu untuk berolahraga.

dr Michael Triangto, SpKO, spesialis dokter kesehatan olahraga mengatakan bahwa olahraga saat cuaca panas dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Dehidrasi ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem otot dan tulang sehingga jadi lemah, menyebabkan gangguan kardiovaskuler, dan mengganggu sistem saraf.

Namun, dr Michael menegaskan, olahraga saat cuaca panas masih bisa dilakukan. Untuk menghindari suhu tinggi, dokter menyarankan untuk melakukan olahraga saat pagi hari maksimal sampai jam 10 pagi atau memindahkan jam olahraga ke sore atau malam hari.



"Sebenarnya siang pun bisa olahraga tapi di dalam ruangan atau di taman yang rimbun misalkan. Ya kalau lagi panas gini disesuaikan dong masa iya lari di lapangan parkir Senayan. Kan nggak harus begitu," jelasnya.

Menurut dr Michael, memindahkan jam olahraga ke sore atau malam hari sama-sama efektif. Hanya saja semua tergantung dari tujuan berolahraga.

"Kalau tujuannya untuk cari manfaat sinar matahari untuk mengubah pro vitamin D jadi vitamin D ya kan mau nggak mau dilakukan pagi atau siang hari. Tapi harus dilakukan dengan benar," terangnya.

Untuk mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D bagusnya olahraga dilakukan pukul 12 sampai 2 siang. Jika ini tujuannya, dr Michael menyarankan untuk melakukan olahraga di jam tersebut tidak lebih dari 10 menit. Pilihan lain, kamu bisa melakukan olahraga di pagi hari yang masih dapat sinar matahari selama 30 menit. Jangan lupa pastikan diri tetap terhidrasi dengan baik.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)