Sabtu, 26 Okt 2019 14:13 WIB

Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Cuaca Panas Melanda

Michelle Natasya - detikHealth
Olahraga apa yang cocok dilakukan saat cuaca panas? Foto: iStock Olahraga apa yang cocok dilakukan saat cuaca panas? Foto: iStock
Jakarta - Cuaca panas menyengat dapat dirasakan beberapa hari belakangan ini. Suhu yang meningkat membuat risiko dehidrasi meningkat pula.

Saat cuaca panas mungkin olahraga adalah kegiatan yang paling dihindari. Selain khawatir akan risiko dehidrasi, beberapa orang merasa bingung dalam memilih jenis olahraga yang sesuai.

Namun, kamu tidak lerlu khawarir. dr Michael Triangto, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, punya solusi olahraga yang cocok untuk dilakukan saat cuaca panas.

"Berenang. Kalau di luar negeri mereka kan juga mengalami cuaca ekstrim. Nah, olahraganya gimana kalau lagi panas? Ya, mereka berenang," tuturnya.



Menurut dr Michael, dengan berenang seseorang dapat tetap berolahraga namun tidak kehilangan banyak cairan. Suhu tubuh yang tinggi juga dapat diturunkan dari cairan sekitar yang terkena kulit.

"Sistem kerjanya sama seperti kompres," jelasnya.

Selain olahraga berenang, olahraga di ruangan tertutup seperti di dalam hall juga dapat dilakukan. Menurut dr Michael, yang terpenting saat melakukan olahraga di suhu panas adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)