Sabtu, 26 Okt 2019 18:16 WIB

Wamenhan Trenggono Olahraga Biar Tidak Gendut, 4 Olahraga Ini Bisa Dicoba

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sakti menyebut olahraga penting untuk menjaga bentuk tubuh. Foto: Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono (Lisye Sri Rahayu/detikcom) Sakti menyebut olahraga penting untuk menjaga bentuk tubuh. Foto: Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono bercerita tentang kegiatan akhir pekannya usai pelantikan. Dia mengaku langsung berolahraga agar fisiknya tak kalah dengan para pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Saya olahraga ini. Biar fisik bagus, jangan perut gendut. Kalah pasti, tapi paling nggak imbangin perut dan sehat karena di sana setiap Minggu ada kegiatan olahraga jalan pagi," kata Trenggono kepada detikcom.


Mempertahankan perut supaya tidak terlalu buncit memang tidak mudah. Namun bukan hal yang sulit bila berolahraga secara rutin dan dengan cara yang tepat. Dikutip dari Times of India, berikut 4 olahraga yang bisa dicoba supaya perut tidak buncit.

1. Lari atau jalan

Saat bergerak, tubuh mengolah kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Hal inilah yang mengurangi risiko perut makin buncit dan penumpukan lemak di tempat lain. Lari membakar kalori lebih banyak daripada jalan, namun keduanya sangat baik dilakukan di antara rangkaian olahraga.

2. Elliptical trainer

Perlengkapan olahraga ini memungkinkan penggunanya menggerakkan kaki dan tangan bersamaan. Elliptical trainer cocok bagi yang memiliki masalah sendi, sehingga tidak kuat joging atau jalan kaki terlalu lama atau cepat. Mesin memungkinkan latihan kardio dengan intensitas cukup, tanpa risiko sakit sendi atau cedera lainnya.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah contoh olahraga kardio lain yang bisa membakar cukup kalori. Bergantung intensitas dan kecepatannya, bersepeda 30 menit bisa membakar 250-500 kalori. Olahraga sepeda juga bisa menjadi cara relaksasi bagi yang memiliki kegiatan padat setiap hari.

4. Renang

Renang sebetulnya membutuhkan lebih banyak energi daripada olahraga lain yang dilakukan di darat. Riset University of California menyatakan, renang bisa membakar hingga 12 kalori per menit. Selain itu, University of Rochester Medical Center membuktikan, seseorang dengan berat 71 kilogram yang renang dengan kecepatan tinggi bisa membakar hingga 720 kalori per jam.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)